Rancang Bangun Aplikasi Chat pada Platform Android dengan Media Input Berupa Canvas dan Shareable Canvas untuk Bekerja dalam Satu Canvas Secara Online

Sandy, Luffi Aditya (2017) Rancang Bangun Aplikasi Chat pada Platform Android dengan Media Input Berupa Canvas dan Shareable Canvas untuk Bekerja dalam Satu Canvas Secara Online. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5113100127-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
5113100127-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Saat ini sudah banyak tersebar aplikasi dengan layanan chat yang berjalan pada perangkat Android. Semakin berkembangnya teknologi, diperlukan aplikasi yang memberi pengalaman baru kepada pengguna dalam melakukan interaksi dengan pengguna lain. Aplikasi yang sudah ada umumnya menggunakan keyboard sebagai media input dari pengguna untuk mengirim pesan teks dan masih belum memberikan pengalaman yang lebih kepada pengguna dalam melakukan interaksi.
Android menyediakan sebuah library untuk menampilkan media lukis layaknya sebuah kanvas yaitu Android Graphics Library yang pemanfaatannya saat ini hanya sebatas pembuatan aplikasi menggambar seperti di kanvas. Menggunakan library ini, penulis bermaksud memberikan pengalaman baru kepada pengguna dengan mengembangkan sebuah aplikasi yang memiliki fitur mengirim pesan dengan media input berupa kanvas dan membagikan kanvas ke pengguna lain sehingga kedua kanvas pengguna tersinkronisasi secara realtime dengan dukungan Firebase sebagai back-end services.
Hasil pengujian terhadap aplikasi menunjukkan bahwa aplikasi berhasil memberikan layanan chat dengan media input berupa kanvas dan menghubungkan dua pengguna dalam sebuah kanvas yang tersinkronisasi. Selain itu, hasil kuisioner menunjukkan bahwa aplikasi memberikan pengalaman baru kepada pengguna dalam berinteraksi.
===============================================================================================
Nowdays, there are many applications that provide chat feature for Android devices. As technology advances, An application that provides a new experience to the user for interaction is required. Existing applications generally use keyboard as users input medium to chat each other.
Android provides a library to display painting media like a canvas that is Android Graphics Library. Utilization of it is only for the development of drawing applications such as on canvas. Using this library, author intends to provide new user experience by developing an application that has a chatting feature using canvas as input medium and share canvas to another user, so canvas of both user is synchronized in realtime with Firebase support.
Results of application testing show that application is successfully providing a chat service with canvas input medium and connecting two users in a sychronized canvas. Moreover, the results of the questionnaire indicate that the application succeeded in providing new experiences in interacting

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Android Graphics, Chat, Firebase, Keyboard, Library
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > ND Painting
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Luffi Aditya Sandy
Date Deposited: 09 Nov 2017 02:37
Last Modified: 05 Mar 2019 06:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/42862

Actions (login required)

View Item View Item