Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Publik E-Government (Government to Citizen) Terhadap Penciptaan Public Value (Studi Kasus : Kota Surabaya)

Izzati, Berlian Maulidya (2017) Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Publik E-Government (Government to Citizen) Terhadap Penciptaan Public Value (Studi Kasus : Kota Surabaya). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5215201001-Master-Theses.pdf]
Preview
Text
5215201001-Master-Theses.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Menurut UNDESA (2016), e-government dapat menjadi salah satu indikator pembangunan karena perannya dalam menyampaikan layanan dasar kepada masyarakat. Konstruksi dan manajemen dari e-government menjadi elemen penting pada sistem administrasi publik modern. Keuntungan yang didapatkan dari penerapan e-government adalah terciptanya iklim bisnis yang yang lebih baik dan berdampak pada peningkatan perekonomian daerah, transparansi, kemudahan akses, pendapatan daerah serta penyampaian layanan yang lebih baik. Proses evaluasi pada layanan e-government membuat pihak pemerintah mampu menentukan apakah layanan yang mereka berikan kepada masyarakat sudah sesuai dengan yang diharapkan oleh masyarakat atau tidak. Dari evaluasi tersebut akan ditemukan kekuatan, kelemahan, serta acuan baru yang digunakan sebuah organisasi sebagai strategi yang berkaitan dengan perbaikan kualitas layanan. Dengan pemanfaatan fasilitas ICT yang efektif pada berbagai layanan publik, maka potensi pemerintah dalam menciptakan sebuah public value akan semakin besar dan berkelanjutan. Public value pada e-government dapat menjadi bahan pertimbangan yang akan membantu para pembuat keputusan (pemerintah) dalam merancang peraturan atau sebagai acuan awal dalam mengambil tindakan. Penelitian ini dilakukan kepada 74 orang responden yang sudah pernah mengakses layanan publik ssw.surabaya.go.id. Dari hasil pengujian yang dilakukan terhadap model pengukuran dan model struktural, diketahui bahwa terdapat hubungan signifikan antara kualitas layanan publik e-government terhadap penciptaan public value (Hipotesis 4) dengan signifikansi nilai path coefficient yang tertinggi sebesar 0.454 dan t-statistic sebesar 3.785. Selain itu juga terdapat hubungan signifikan antara Effective of public organization terhadap Public value (Hipotesis 5) dengan signifikansi nilai path coefficient sebesar 0.267 dan t-statistic sebesar 2.303; serta Information quality terhadap Quality of public service in e-government (Hipotesis 1) dengan signifikansi nilai path coefficient yang tertinggi sebesar 0.454 dan t-statistic sebesar 3.785
=================================================================
According to UNDESA, e-government can be one indicator of the development for the country because its role in delivering basic services to citizen. The creation and management of e-government become an essential element of the modern public administration system. The benefits that the government gained from e-government implementation are the creation of a better business climate and impact on improving the regional economy, transparency work, accessibility, local revenue and better service delivery. The evaluation process on e-government services based on citizen’s side makes the government able to determine whether the services they provide to the citizen are as expected by citizen or not. With the effective utilization of ICT facilities in various public value, the government’s potential in creating a public value will be greater and sustainable. Public value in e-government can be a consideration that will help a decision maker (government) in drafting the regulations or as an early reference before taking an action / decision. This research was conducted to 74 respondents who have accessed public service on ssw.surabaya.go.id. From the results of the tests on measurement models and structural models, it is known that there is a significant relationship between the quality of public e-government services to the creation of public value (Hypothesis 4) with the highest significance of path coefficient of 0.454 and t-statistic of 3,785. In addition, there is also a significant relationship between Effective of public organization to Public value (Hypothesis 5) with the significance of path coefficient value of 0.267 and t-statistic of 2.303; And Information quality on Quality of public service in e-government (Hypothesis 1) with the highest significance of path coefficient of 0.454 and t-statistic of 3,785

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kualitas layanan publik, public value, e-government, Government to Citizen (G2C), SEM, Quality of public service
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.213 Management information systems. Dashboards. Enterprise resource planning.
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD31 Management--Evaluation
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 59101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Berlian Maulidya Izzati
Date Deposited: 07 Nov 2017 03:31
Last Modified: 05 Mar 2019 07:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/43223

Actions (login required)

View Item View Item