Prediksi Reliabilitas Perangkat Lunak Menggunakan Support Vector Regression dan Model Mining

Insanittaqwa, Vika Fitratunnany (2017) Prediksi Reliabilitas Perangkat Lunak Menggunakan Support Vector Regression dan Model Mining. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5114201044-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
5114201044-Master_Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Reliabilitas perangkat lunak didefinisikan sebagai probabilitas operasi perangkat lunak yang bebas dari kegagalan (failure) dalam sebuah periode waktu tertentu. Pemodelan reliabilitas perangkat lunak ini dapat dilakukan salah satunya dengan memanfaatkan data kegagalan perangkat lunak untuk melakukan prediksi kegagalan di masa datang. Salah satu arsitektur yang dipakai dalam pemodelan ini pada umumnya adalah dengan menggunakan beberapa data terakhir untuk melakukan prediksi. Padahal, kegagalan perangkat lunak dapat saja dipengaruhi oleh data yang terdahulu seperti yang telah dibuktikan pada satu penelitian, yang menggunakan teknik model mining untuk memilih data masukan terdahulu tersebut. Pada penelitian ini, diusulkan penggunaan Binary Particle Swarm Optimization (BPSO) sebagai metode model mining untuk melakukan prediksi reliabilitas perangkat lunak dengan menggunakan Support Vector Regression (SVR). Data yang dipakai atau tidak dipakai masing-masing disimbolkan dengan angka “1” atau “0” dan metode ini diujicobakan pada 6 data dari proyek perangkat lunak yang nyata, yaitu data FC1, FC2, FC3, TBF1, TBF2, dan TBF3. Keakuratan model yang diusulkan dibandingkan dengan prediksi yang tidak menggunakan model mining dengan mengukur nilai Mean Squared Error (MSE) dan Average Relative Prediction Error (AE). Metode SVR-BPSO yang diusulkan terbukti dapat menghasilkan prediksi yang lebih akurat, terutama untuk data FC1, FC2, dan FC3 yang bersifat stabil. Sifat data TBF yang berbeda dengan data FC menunjukkan bahwa data ini tidak cocok digunakan sebagai bahan uji coba metode yang diusulkan karena time-between-failure pada data tidak bergantung pada urutan kegagalan tertentu, seperti yang terlihat pada data TBF1, TBF2, dan TBF3. Pemilihan parameter SVR juga mempengaruhi keakuratan prediksi, dimana hal ini dapat diperbaiki pada penelitian selanjutnya. Secara umum, metode yang diusulkan telah dapat menghasilkan prediksi reliabilitas perangkat lunak dengan baik dan penggunaan model mining terbukti dapat memberikan manfaat yang nyata dalam bidang prediksi reliabilitas perangkat lunak.
=================================================================
Software reliability is defined as the pobability of failure-free software operation in certain period of time. The modelling of software reliability can be done in one way by using software failure data to predict the future failures. One architecture in this modelling is done generally by using the last few consecutive data to predict the future value, where actually the failure of a software can be dependent also to earlier data as showed in one research about the use of model mining to determine which data to use as prediction. In this research, we propose the use of Binary Particle Swarm Optimization (BPSO) as a model mining method to predict the reliability of software by using Support Vector Regression (SVR) as predictor. To determine which data to use in model mining, the data is symbolized with one “1” or “0” in the structure of BPSO particle. The proposed method is tested with 6 real data from real project, which are called FC1, FC2, FC3, TBF1, TBF2, and TBF3. The accuracy of the proposed model is compared with a predictor without model mining by computing the Mean Squared Error (MSE) and Average Relative Prediction Error (AE). The proposed SVR-BPSO method is proved to be able to predict more accurately, especially in FC1, FC2, and FC3 data which are more stable in nature. The use of TBF data sets proved to be inappropriate as it yields poor prediction results in TBF1, TBF2, and TBF3 data, which may have rooted from the differing nature with FC data. The method to choose SVR parameters can also affect the accuracy of prediction, which opens room for improvement in future research. In general, the proposed method is able to predict the reliability of a software and the use of model mining is important in effort to produce more accurate prediction in software failure data.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Binary Particle Swarm Optimization, Model Mining, Prediksi Reliabilitas Perangkat Lunak, Suppor Vector Regression
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.2 Regression Analysis. Logistic regression
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Vika Fitratunnany Insanittaqwa
Date Deposited: 21 Nov 2017 08:43
Last Modified: 05 Mar 2019 06:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/43376

Actions (login required)

View Item View Item