Pemeringkatan Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Helmholtz untuk Mengukur Tingkat Kesiapterapan Teknologi Perguruan Tinggi di Indonesia

Satyaji, Anugerah Yulindra (2017) Pemeringkatan Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Helmholtz untuk Mengukur Tingkat Kesiapterapan Teknologi Perguruan Tinggi di Indonesia. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5113100186-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5113100186-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemeringkatan Perguruan Tinggi merupakan sebuah cara untuk mengukur kualitas dan kesiapan perguruan tinggi dalam menjalankan proses pembelajaran kepada mahasiswa yang dilihat dari berbagai macam kriteria penilaian.
Pemeringkatan Perguruan Tinggi menjadi salah satu hal yang penting untuk mengukur reputasi Perguruan Tinggi di dunia internasional maupun di dalam negeri. Dengan semakin baik reputasi, maka akan semakin menunjukkan bahwa kualitas pendidikan Perguruan Tinggi tersebut baik. Tidak hanya itu saja, melainkan juga menjadi cerminan kualitas pendidikan nasional dalam pandangan internasional.
Aspek kriteria penilaian bergantung pada berbagai macam penilaian yang dapat disimpulkan menjadi dua jenis yaitu kualitatif dan kuantitatif. Kriteria penilaian yang akan ditentukan harus mampu dijangkau oleh Perguruan Tinggi agar mengasilkan pemeringkatan yang seimbang.
Dalam Tugas Akhir ini diusulkan sebuah gagasan baru untuk sistem pemeringkatan Perguruan Tinggi di Indonesia menggunakan metode Helmholtz untuk mengoptimalkan kriteria penilaian yang bersifat kualitatif, yaitu mengoptimalkan kriteria Reputasi Akademik dengan menggunakan topik modeling untuk menggali topik utama dari dokumen penelitian akademisi di setiap Perguruan Tinggi, yang sebelumnya dilakukan secara manual dengan melakukan survei oleh human. Pengoptimalan kriteria ini bertujuan agar menghasilkan hasil pemeringkatan yang lebih efisien dan sedernaha dari yang sebelumnya. Selain itu, untuk mengukur tingkat kesiapterapan teknologi dalam Perguruan Tinggi.
Hasil implementasi sistem pemeringkatan Perguruan Tinggi menunjukkan bahwa kebenaran sistem telah mendekati ground truth yaitu pemeringkatan QS University Rankings dengan tingkat akurasi 93%, dengan hasil ini menunjukkan bahwa sistem telah berhasil melakukan optimasi kriteria kualitatif Reputasi Akademik untuk mendekati hasil yang sudah ada. Dengan adanya sistem ini diharapkan proses pemeringkatan selanjutnya dapat mengacu pada konsep optimasi kriteria yang bersifat kualitatif agar menjadi lebih efisien dan sederhana dalam menghemat waktu kerja.
=============================================================================================
University ranking is one way to measure the quality and ability of college to apply their learning process with college student that seen from some criteria assessment.
University ranking has become one of the most important thing to measure college reputation in the outside world and within the country. A good reputation shows that college quality is good. Other than that, it can become a reflection of quality national education in the international views.
Aspect of assessment relies from a variety of assessment that can be summarized into two types, that is qualitative and quantitative. Assessment aspect specified needs to be able to be reached by the college in order to produce a balanced rankings.
This final project proposes a new idea for ranking university system in Indonesia using Helmholtz method to optimize the assessment criteria that are qualitative in order to generate the ranking to be more efficient and simpler. In addition, to measure the application level technology in university.
The result of the implementation of the university ranking system shows the correctness of the system has approached to ground truth that is the rank of QS University Ranking with the accuracy level of 93%. This result indicates the system has been successfully performed the optimization of qualitative criteria of Academic Reputation to find the existing results. With this system, it is expected that further ranking process can be accepted with the concept of criteria optimization that is qualitative in order to be more efficient and simpler in saving working-time.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 006.312 Sat p-1
Uncontrolled Keywords: Quality of University, Qualitative, Quantitative, Optimization, Ranking of University, QS University of Ranking, University, Reputation
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.2 Regression Analysis. Logistic regression
Q Science > QA Mathematics > QA278 Cluster Analysis. Multivariate analysis. Correspondence analysis (Statistics)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > Z699.5 Information storage and retrieval systems
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anugerah Yulindra Satyaji
Date Deposited: 16 Nov 2017 04:01
Last Modified: 06 Mar 2019 02:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/43575

Actions (login required)

View Item View Item