Rancang Bangun Sistem Navigasi Indoor Berbasis Integrasi Symbolic Location Model Dan Wi-Fi Based Positioning System Untuk Studi Kasus Pada Gedung Bertingkat

Asmawi, Faris Muhammad (2017) Rancang Bangun Sistem Navigasi Indoor Berbasis Integrasi Symbolic Location Model Dan Wi-Fi Based Positioning System Untuk Studi Kasus Pada Gedung Bertingkat. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5111100157-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5111100157-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi informasi saat ini memudahkan setiap orang dalam kegiatannya masing-masing. Saat ini melakukan navigasi tidak perlu menggunakan selembar peta lagi tetapi cukup mengakses GPS ataupun penyedia jasa navigasi lainnya. Teknologi navigasi saat ini sudah sangat maju untuk navigasi di luar ruangan tetapi untuk di dalam ruangan, belum ada standar khusus dan belum terlalu umum digunakan. Tempat umum di Indonesia, khususnya gedung bertingkat, belum menggunakan teknologi sebagai alat navigasinya dan hanya menggunakan selebaran atau peta denah saja. Saat ini masyarakat sudah banyak yang memiliki smartphone sehingga mudah untuk berbagi atau mencari tempat yang diinginkan.
Ketika di dalam gedung bertingkat, kita tidak bisa menggunakan satelit seperti GPS untuk mendapatkan posisi pengunjung. Untuk mendapatkan posisi di dalam ruangan, kekuatan sinyal Wi-Fi akan digunakan sebagai penentu lokasi keberadaan pengunjung. Setiap lokasi yang ada akan memiliki beragam kekuatan sinyal dari Wi-Fi yang berbeda, sehingga setiap lokasi akan unik karena kekuatan sinyal Wi-Fi akan berbeda. Selain menentukan posisi, diperlukan model untuk lokasi-lokasi yang ada sehingga memudahkan pengunjung untuk menentukan posisinya dan melakukan navigasi ke lokasi lainnya. Untuk membuat sistem navigasi gedung bertingkat diperlukan integrasi keduanya, yaitu penentuan posisi dan pemodelan lokasi. Dalam kasus ini, informasi lokasi destinasi berguna bagi pengunjung yang belum pernah memasuki sebuah gedung dan ingin mendapatkan navigasi yang efisien ke tujuannya. Selain membantu pengguna melakukan navigasi di dalam gedung, pengguna juga bisa berbagi lokasinya kepada pengguna lain jika diinginkan.
Dalam tugas akhir ini, Indoor Positioning berbasis Wi-Fi akan digunakan untuk menentukan posisi menggunakan kekuatan sinyal beberapa Wi-Fi yang berbeda dengan algoritma K Nearest Neighbor dan Euclidean Distance. Symbolic Model digunakan untuk memodelkan sebuah gedung bertingkat dan dapat menangani kasus-kasus yang ada dalam memodelkan lokasi, seperti overlap, mengandung dan terhubung. Dari hasil pengujian, pengguna dapat melakukan pencarian posisi dengan tingkat akurasi sebesar 86.66% dan dapat melakukan navigasi ke setiap lokasi yang ada di Jurusan Teknik Informatika.
===========================================================================================
The advancement of information technology today makes it easier for everyone in their activities. Currently navigating does not need to use a map again but simply access GPS or other navigation service providers. Navigation technology is now very advanced for outdoor navigation but for indoors, there is no special standard and not too commonly used. Public places in Indonesia, especially high rise buildings, do not use technology as a navigation tool and only use leaflets or simple map. Today many people have smartphones, so it is easy to find position or navigate to the desired place.
When inside a multi-story building, we can not use satellites like GPS to get the visitor's position. To get a position in the room, the Wi-Fi signal strength will be used as alternative for determinant of where visitors are located. Each location will have different signal strengths from different Wi-Fi, so each location will be unique because the strength of the Wi-Fi signal will be different. In addition to positioning, modeling is required for existing locations to make it easier for visitors to define their positions and navigate to other locations. To create a multilevel building navigation system, requires integration of both positioning and location modeling. In this case, destination location information is useful for visitors who have never entered a building and want to get efficient navigation to their destination. In addition to helping users navigate within the building, users can also share their location with other users if desired.
In this final project, Wi-Fi based Indoor Positioning will be used to determine the position of using multiple Wi-Fi signal strengths different from K Nearest Neighbor and Euclidean Distance algorithms. The Symbolic Model is used to model a multi-storey building and can handle cases that exist in modeling locations, such as overlapping, containing and connected. From the test results, users can perform position search with an accuracy rate of 86.66% and can navigate to any location in the Department of Informatics.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Indoor Positioning, Symbolic Location Model, Wi-fi, Gedung Bertingkat, Navigasi
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Faris Muhammad Asmawi
Date Deposited: 12 Sep 2017 03:32
Last Modified: 06 Mar 2019 01:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/43653

Actions (login required)

View Item View Item