Studi Optimasi Pemberian Air Irigasi Pada Saluran Induk Peterongan Daerah Irigasi Mrican Kanan

Silvia, Era (2017) Studi Optimasi Pemberian Air Irigasi Pada Saluran Induk Peterongan Daerah Irigasi Mrican Kanan. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114205001-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
3114205001-Master_Thesis.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Selama ini kebutuhan air irigasi DI Siman dipenuhi dari Waduk Siman yang mendapatkan air dari Waduk Selorejo Kabupaten Malang. Pada musim kemarau, DI Siman masih kekurangan air terutama di daerah hilir. Hal ini dikarenakan suplai air dari Waduk Siman masih belum mencukupi untuk mengairi luas baku sawah DI Siman yang cukup besar yaitu seluas ±23.060 ha, yang sebagian besar areal persawahannya berada pada lintas kabupaten yaitu Kabupaten Jombang dan Kabupaten Kediri.
Intake Saluran Induk Peterongan yang terletak di Saluran Induk Mrican Kanan DI Mrican Kanan Kabupaten Kediri, direncanakan dibangun untuk memenuhi kebutuhan air di DI Siman. Adanya surplus debit sungai dari Kali Brantas yang dibendung oleh Bendung Gerak Mrican Kanan ini dimanfaatkan oleh sebagian areal persawahan DI Siman terutama yang berada di Kabupaten Jombang. Saluran Induk Peterongan ini akan menyuplai kebutuhan air irigasi saluran-saluran sekunder DI Siman yang telah ada. Optimasi pemberian air irigasi dalam penelitian ini menggunakan bantuan program QM for Windows.
Untuk mengoptimasi penambahan debit ini perlu dilakukan pengaturan pola tata tanam. Sehingga dengan pola tata tanam yang optimal didapat luasan lahan yang maksimal. Berdasarkan hasil optimasi, DI Peterongan bisa melaksanakan awal tanam pada setiap periode masa tanam. Didapat hasil produksi pertanian maksimal Rp. 481.555.100,00 pada Desember I dengan pola tata tanam padi/palawija-padi/palawija-palawija dan pola tata tanam padi/palawija-padi/palawija-padi/palawija pada Januari I dengan luas tanam maksimal 18.569, 58 ha.

=====================================================================

Approximately 23.060 ha Siman Irrigation Area (DI Siman) is the irrigation area which makes use Siman Reservoir Malang Regency to meet the need of its irrigation. In dry season, DI Siman still has a lack of water for irrigation especially in downstream, that most of the rice fields are in cross regency which is Jombang Regency and Kediri Regency.
Intake of Peterongan Main Channel that located in Mrican Kanan Channel, Kediri Regency, is planned to be constructed to fulfilled water needs in DI Siman. The surplus of Kali Brantas discharge that dammed by Mrican Kanan Barrage is utilized by a part of rice fields in Siman especially that located in Jombang Regency. Peterongan Main Channel is a new rrigation channel functioning to supply several existing secondary irrigation channel. Optimization of irrigation water supply in this research use the helping of QM for Windows Program.
For optimizing discharge additions planting methods need to be arranged. So that with the optimal planting methods the maximal field for farming can be earned. Based on the result of optimization, Peterongan Irrigation Area can plant in each planting period with profit Rp. 481.555.100,00 on December I with rice/crops-rice/crops-crops planting methods, and rice/crops-rice/crops-rice/crops planting methods on Januari I with maximum rice fields area is 18.569,98 ha.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: air irigasi, DI Mrican Kanan, DI Siman, optimasi, program linier
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Era Silvia
Date Deposited: 24 Jan 2018 08:05
Last Modified: 06 Mar 2019 07:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/45333

Actions (login required)

View Item View Item