Solusi Dawai Relativistik Berotasi Pada Ruang Ads5 X S5

Ismail, M Afif (2017) Solusi Dawai Relativistik Berotasi Pada Ruang Ads5 X S5. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 1113100090-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
1113100090-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Dawai merupakan objek yang mempunyai dua parameter gerak yaitu waktu dan panjang dawai, yang merupakan generalisasi dari partikel yang mempunyai satu parameter gerak berupa waktu. Pada penelitian ini, digunakan kondisi batas dawai berupa dawai tertutup. Dawai relativistik bergerak pada ruang-waktu dengan lintasan berupa sebuah luasan yang dibentuk oleh dua parameter, lintasan ini biasa disebut lembaran dunia (worldsheet). Dawai relativistik ini juga mempunyai dua aksi yang disebut aksi Nambu-Goto dan aksi Polyakov. Aksi Nambu Goto dibangun dengan menggunakan (world-sheet). Sedangkan aksi Polyakov merupakan bentuk lain dari aksi Nambu-Goto dengan penambahan alat matematis berupa metrik (auxilliary field) yang dapat menyederhakan pengerjaan aksi. Pada penelitian ini digunakan aksi Polyakov dengan metrik (auxilliary field) berupa metrik minkowski. Dengan menggunakan aksi Polyakov, digunakan model dawai bergerak pada bidang datar dan ditentukan energi beserta momentum sudut dari dawai. Selanjutnya, digunakan model dawai bergerak pada ruang AdS5 X S5 dan ditentukan energi serta momentum sudut dari dawai. Dari perhitungan yang telah dilakukan, energi dawai yang berputar pada AdS5 X S5 mempunyai bentuk yang ekivalen dengan energi dawai yang berputar pada bidang datar.

=========================================================================

String is an object that possess two movement parameters, time and string length, generalization from particle that possess one movement parameter that is time. In this thesis a restriction is used which is closed string. Relativistic string move in space-time with trajectory in form of area made of two parameters, this trajectory is called world sheet. Relativistic string have two action called Nambu Goto and Polyakov. Nambu- Goto action built using world sheet. While Polyakov is the other form of Nambu-Goto with addition of mathmetical tool that is uxilliary field matrix that can simplify execution of actions. In this thesis Polyakov action is used with minkowski matrix as the auxilliary field matrix. By using Polyakov action, moving string model is used on flat plane also the energy and angular momentum of the string is determine. Next, moving string model is used on Ad5 x S5 also the energy and the angular momentum of the string is determine. From the calculation that had been made, energy of spinning string on Ad5 x S5 have a form equivalent with energy on spinning string on a flat plane.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aksi Polyakov, RuangAdS5�S5, Dawai Relativisti
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Physics > 45201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ismail M Afif
Date Deposited: 01 Feb 2018 08:18
Last Modified: 08 Mar 2019 02:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/45730

Actions (login required)

View Item View Item