Perhitungan Biaya Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) pada Struktur Bangunan Atas Proyek Hotel Swiss-Belinn Juanda

Utama, Candra Valentina Mokshita (2017) Perhitungan Biaya Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) pada Struktur Bangunan Atas Proyek Hotel Swiss-Belinn Juanda. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3113041077-undergraduate_thesis.pdf]
Preview
Text
3113041077-undergraduate_thesis.pdf - Published Version

Download (24MB) | Preview

Abstract

Dalam konstruksi pembangunan, Indonesia merupakan negara berkembang yang memiliki tingkat kefatalan kecelakaan kerja yang tinggi menurut International Labour Organization (ILO). Hal ini dikarenakan banyaknya pekerja dalam suatu proyek sehingga membutuhkan manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3) yang baik. Namun, masih banyak perusahaan yang tidak menerapkan SMK3 bahkan termasuk proyek-proyek konstruksi yang berada di kota-kota besar. Hal ini didasari akan keinginan perusahaan dalam memperoleh profit yang tinggi sehingga mengabaikan keselamatan dan kesehatan pekerja.
Dengan sistem manajemen K3 yang baik, setidaknya akan mencegah atau mengurangi risiko kecelakaan kerja yang ada. Program sistem manajemen K3 diawali dengan mencari potensi bahaya dari metode pelaksanaan yang digunakan agar dapat mengidentifikasi risiko yang ada, penilaian risiko dengan skala prioritas dan pengendalian bahaya yang harus dilaksanakan dimana pengendalian bahaya tersebut akan dilengkapi dengan program sosialisasi dan pelatihan K3. Dengan demikian, pekerja dapat bekerja dengan baik dan aman sehingga dapat mencapai target waktu dan target kualitas yang diinginkan dan direncanakan.
Studi kasus yang diambil adalah struktur bangunan atas pada proyek Hotel Swiss-Belinn Juanda yang memiliki total 8 lantai dengan batasan pekerjaan bangunan atas, yaitu pekerjaan pembesian, bekisting, pengecoran. Dari sistem manajemen K3 yang direncanakan tersebut diperoleh biaya pengendalian risiko sejumlah Rp 310.266.500,00 yang dapat menjadi acuan dalam menekan angka kecelakaan.

===============================================================

In building construction, Indonesia as a developing country has high rate of fatal accidents, according to International Labour Organization (ILO). This is due to the fact that great number of workers in a project need a well-established occupational health and safety (OHS) management system. On the other hand, there are plenty companies which still do not implement a well-established OHS management system, among others are construction projects in big cities. The reason is because the companies want to gain as much profit as possible, hence neglect the safety and health of workers.
With a well-established OHS management system, the work accidents can be avoided and the work risk can be lessened. OHS management system begins with seeking the hazards from the implementation method used, to identify risks which might happen, then followed by the risk assessment with scale of priority, and the steps to control the hazard which should be supported with socialization program and training. With this, the workers can work effectively and safely, thus enable them to reach the target of time and target of quality as required or planned.
Case study of this thesis is the upper structure of Swiss-Belinn Hotel Juanda which has a total of 8 stories, covering reinforcement bar, formwork, and concrete casting. From the OHS management system plan, the risk control cost of Rp 310.266.500,00 is obtained and can be a reference to reduce the number of fatal accident on construction project.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Potensi Bahaya, Identifikasi Risiko, Pengendalian Risiko, Sistem Manajemen K3
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA440 Concrete--Cracking.
T Technology > TH Building construction > TH437 Building--Cost control.
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Candra Valentina Mokshita Utama
Date Deposited: 27 Nov 2017 02:00
Last Modified: 08 Mar 2019 01:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/46504

Actions (login required)

View Item View Item