Analisa Sistem Manajemen Termal Berdasarkan Pengaruh Variasi Jumlah Tube dan Laju Aliran Massa Sistem Pendingin Bermedia Air pada Sel Baterai Berbentuk Silinder Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics (CFD)

Herninda, Thalita Maysha (2017) Analisa Sistem Manajemen Termal Berdasarkan Pengaruh Variasi Jumlah Tube dan Laju Aliran Massa Sistem Pendingin Bermedia Air pada Sel Baterai Berbentuk Silinder Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics (CFD). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2413100134 _ Thalita Maysha Herninda.pdf] Text
2413100134 _ Thalita Maysha Herninda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu metode pendingin untuk baterai litium ion
silinder sel adalah dengan menerapkan mini channel liquid
cooled cylinder seperti yang dibahas pada penelitian ini, yaitu
dengan memvariasikan jumlah tube pendingin dan laju aliran
massa fluida yang mengalir pada tube pendingin. Semakin
banyak jumlah tube diharapkan akan memperluas area
perpindahan panas, dan semakin besar laju aliran massa
diharapkan akan meningkatkan koefisien perpindahan panas,
sehingga penurunan temperatur akan efisien. Pengaruh
perubahan laju aliran massa fluida pendingin dan jumlah tube
pendingin dibahas menggunakan metode numerik yaitu
Computational Fluid Dynamics. Temperatur baterai akan
menurun seiring dengan meningkatnya nilai laju aliran massa
dan jumlah tube pendingin. Tetapi penggunaan laju aliran
massa yang besar tidak disarankan karena dengan semakin
tinggi nilai laju aliran massa pola penurunan temperatur baterai
juga akan mengecil sehingga penggunaan nilai laju aliran massayang terlalu besar dinilai tidak efisien. Sedangkan penggunaan
tube pendingin lebih dari 8 tidak menghasilkan penurunan
temperatur yang signifikan dan memiliki biaya fabrikasi yang
lebih mahal. Sehingga, dapat disimpulkan plat pendingin
dengan 8 jumlah tube dan nilai laju aliran massa sebesar 0.001
kg/s paling efektif digunakan karena dapat menurunkan
temperatur operasi hingga 12.06℃.
==========================================================================================
One of cooling methods for cylindrical lithium ion
batteries is by applying a mini tube liquid cooled cylinder as
discussed in this research, by discussing the optimum number
of tube and mass flow rate of water cooling system. The more
channel used will expand the heat transfer area, the used of
higher inlet mass flow rate will increase the heat transfer
coefficient so that the maximum temperature will decrease. The
effects of inlet mass flow rate and number of cooling tube were
investigated numerically by using Computational Fluid
Dynamics method. The battery temperature will decrease as the
increasing of inlet mass flow rate and number of cooling tubes.
The use of higher inlet mass flow rate is not necessary because
temperature decrease trends gets slow with the increasing of
inlet mass flow rate. And the more cooling tube are, the lower
temperature decrease is. Thus, can be conclude that by using 8
number of cooling tube with 0.001 kg/s inlet mass flow rate, the
maximum temperature can be controlled up to 12.06℃ for
42110 cylindrical batteries.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Baterai litium ion, Sistem manajemen termal baterai, Computational Fluid Dynamics, Lithium ion battery, Battery thermal management system
Subjects: Q Science > QC Physics
T Technology > TP Chemical technology > TP255 Electrochemistry, Industrial.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Thalita Maysha Herninda
Date Deposited: 16 Oct 2017 08:49
Last Modified: 09 Jan 2018 06:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47138

Actions (login required)

View Item View Item