Perancangan Komunikasi dan Kontrol Penembak Portabel dengan Android dan Modul Wifi

Rafsanjani, Rafi (2017) Perancangan Komunikasi dan Kontrol Penembak Portabel dengan Android dan Modul Wifi. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2214030100 - Non_Degree.pdf] Text
2214030100 - Non_Degree.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Untuk mengatasi terjadinya peperangan, maka pada setiap negara harus memiliki suatu sistem pertahanan yang dimana mempertahankan sebuah negara ketika terjadi peperangan. Tetapi dalam mempertahankan sebuah negara tidaklah mudah, sehingga jatuhnya korban dalam peperangan tidak mungkin bisa dihindari. Akibat dari banyak jatuhnya korban menjadikan manusia sebagai pertahanan negara merupakan hal yang tidak efisien dan untuk meningkatkan kekuatan militer dengan pengendalian senjata jarak jauh yang sekarang ini masih kurang di dalam negeri.
Untuk itu alat ini menggunakan Android sebagai pengontrolnya yang disambungkan dengan Wi-Fi pada minimum sistem sebagai telekotrol yang nantinya akan dikendalikan Android dan terdapat trackbar sebagai pengendali alat dan juga terdapat interface dari kamera yang ditempatkan pada alat. Alat ini menggunakan motor DC sebagai penggeraknya yang dimana terdapat 2 motor DC didalamnya yang masing-masing berguna sebagai pengatur sudut vertical dan horizontal serta sebagai penarik atau pengaktif tembak.
Dari hasil pengujian didapatkan hasil perbandingan antara kecepatan pengiriman data dari aplikasi pada android dengan kecepatan penerimaan data pada ESP8266. Didapat hasil pengujian bahwa pengiriman data dari android selalu normal tanpa adanya respon delay, sedangkan penerimaan data pada ESP8266 terdapat delay seiring bertambahnya jarak dalam pengontrolan.
=============================================================================================
To overcome the war, then in each country must have a defense system in which a country is going to war. The way in making a country easy, so the casualties in warfare can not be avoided. The consequences of many casualties make people inefficient and to increase the military power with remote control that is still lacking in the country.
For that tool uses Android as a controller that is connected with Wi-Fi on minimum sistem as telekotrol which later will hold Android and there is a trackbar as a tool controller and there is also an interface from the camera placed on the tool. This tool uses a DC motor as a driving force where there are 2 DC motors in it which are each useful as adjusting vertical and horizontal angles as well as towing or firing.
From the test results obtained the comparison between the data transmission speed of applications on android with the speed of data reception on ESP8266. Test results obtained that the delivery of data from android always normal without any delay response, while the data reception on ESP8266 there is delay with increasing distance in control.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Minimum sistem, motor DC, ESP8266, Minimum System
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL521.3 Automatic Control
U Military Science > U Military Science (General)
Divisions: Faculty of Vocational > 36304-Automation Electronic Engineering
Depositing User: Rafi Rafsanjani
Date Deposited: 25 Oct 2017 03:27
Last Modified: 09 Jan 2018 07:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47261

Actions (login required)

View Item View Item