Desain Interior Smp Negeri 2 Deket Sebagai Sarana Pendidikan Dengan Kajian Disiplin Untuk Membentuk Karakter Siswa

Ilmia, Rofi'atul (2017) Desain Interior Smp Negeri 2 Deket Sebagai Sarana Pendidikan Dengan Kajian Disiplin Untuk Membentuk Karakter Siswa. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3813100040-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
3813100040-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview

Abstract

Sekolah yang disiplin perlu diciptakan agar anak dapat belajar tidak hanya keterampilan akademik akan tetapi juga melatih siswa untuk mencapai hal-hal non-akademik yang juga sangat penting bagi kehidupan, yaitu taat pada peraturan untuk membentuk kepribadian yang baik. SMP Negeri 2 Deket sebagai salah satu lembaga pendidikan untuk anak usia remaja yang mempunyai misi yaitu terwujudnya strategi pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, menyenangkan dalam upaya pelestarian fungsi lingkungan; serta terwujudnya sistem penilaian sesuai Standar Nasional.
Untuk menunjang misi tersebut, maka diperlukan pengaplikasian desain interior pada sekolah yang disesuaikan dengan pembentukan karakter siswa melalui kedisiplinan akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan perilaku anak. Hal ini dapat dilalukan dengan cara mendesain interior sekolah yang dapat mengarahkan siswa agar lebih fokus dalam kegiatan dan aktifitas pendukung belajar mengajar, mendesain signage dan tata lay out ruang untuk mengarahkan siswa agar bersikap lebih disiplin di sekolah. Dengan desain interior yang tepat maka dapat memberikan solusi desain dari permasalahan kedisiplinan siswa yang ada di SMP Negeri 2 Deket.
Desain yang diterapkan untuk visualiasi konsep yang diinginkan adalah penggunaan beberapa kombinasi warna yang sesuai psikologis anak usia SMP untuk membentuk kedisiplinan siswa seperti kuning, biru, hijau, putih, dan coklat; penggunaan bentuk furnitur, dinding, plafon, dan pola lantai yang mengarahkan siswa lebih fokus dalam belajar serta dapat menunjang kedisiplinan anak usia 12-15 tahun; menerapkan signage dan sirkulasi yang lebih informatif untuk mengarahkan anak selalu berperilaku disiplin dan disesuaikan dengan karakter anak usia SMP
================================================================================================
Schools that are disciplined need to be created so that children can learn not only academic skills but also train students to achieve non-academic things that are also very important for life, that is obedient to the rules to form a good personality. SMP Negeri 2 Deket as one of the educational institutions for teenage children who have a mission that is the realization of an active learning strategy, creative, innovative, fun in the effort of preserving environmental functions; As well as the realization of an assessment system according to the National Standard. To support the mission, it is necessary application of interior design in schools tailored to the formation of student characters through discipline will greatly affect the development and behavior of children. This can be done by designing the interior of the school that can lead the students to focus more on activities and teaching-learning support activities, designing the signage and layout of the space to direct students to be more disciplined in school. With the right interior design then it can provide design solution from disciplinary problem of students in SMP Negeri 2 Deket. The design that is applied to visualize the desired concept is the use of some appropriate color combinations of junior high school children to form student disciplines such as yellow, blue, green, white, and brown; The use of furniture, walls, ceilings and floor patterns that lead students to focus more on learning and can support the discipline of children aged 12-15 years; Applying more informative signage and circulation to lead children always behave in discipline and tailored to the character of junior high school children.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Anak usia remaja, Karakter usia 12-15 tahun, Kedisiplinan, Sekolah Menengah Pertama, Signage dan Tata Lay out
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115 Interior decoration
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rofi'atul Ilmia
Date Deposited: 27 Dec 2017 03:50
Last Modified: 06 Mar 2019 02:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47405

Actions (login required)

View Item View Item