Rancang Bangun dan Analisa Struktur Alat Pencetak Nasi Guna Proses Pencetakan Nasi pada Usaha Katering

Tri, Prasetyo Aji (2017) Rancang Bangun dan Analisa Struktur Alat Pencetak Nasi Guna Proses Pencetakan Nasi pada Usaha Katering. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2114030099-Non_Degree.pdf]
Preview
Text
2114030099-Non_Degree.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perkembangan usaha katering di Indonesia memiliki pertumbuhan yang cukup tinggi, namun untuk melakukan proses pencetakan nasi secara umum dilakukan dengan cara yang sederhana dengan tangan. Hal ini menyebabkan proses pencetakan nasi tidak ada jaminan atas keseragaman ukuran. Kelemahan proses pencetakan nasi yang ada saat ini juga pada waktu proses yang lama, sehingga pencetakan nasi sangat memengaruhi kapasitas produksi pada usaha katering.
Perancangan dilakukan dengan menghitung struktur kerangka dan tuas alat pencetak nasi. Perancangan ini untuk menghitung tegangan-tegangan yang terjadi pada tiap komponen dan gaya yang dibutuhkan operator untuk melakukan pencetakan. Selanjutnya menghitung tegangan ijin material sebagai salah satu parameter untuk memilih bahan material yang digunakan.
Hasil perancangan alat pencetak nasi menggunakan mekanisme tuas. Gaya yang dibutuhkan operator untuk menggerakkan tuas adalah sebesar 57,56 Newton. Dari hasil perhitungan tegangan-tegangan yang terjadi pada kerangka dan tuas alat pencetak nasi, maka kekuatan material bahan yang digunakan dinyatakan aman. Bahan material yang digunakan adalah Aluminium 6061 dan Stainless Steel 304.
=================================================================
The development of catering business in Indonesia has become fairly high, however the process of rice molding is generally done in a simple traditional way by using hand. This kind of rice molding process causes the uniformity of size. The other weakness of rice molding in traditional way is on the process itself that takes a long period of time, and it will affect the production capacity in the catering business.
The design is done by calculating the frame structure and the lever of molded rice tool. This design is use to calculate the stress that occur in every component and the force required by the operator to do the molding process. In the end, calculating the material permit stress as one of the parameters is use to select the material used.
The design result of rice molding tool is using lever mechanism. The force required by the operator to move the lever is 57.56 Newton. From the calculation of the stresses that occur on the framework and lever of molded rice tool, the material strength that used is declared safe. The materials used are Aluminum 6061 and Stainless Steel 304.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: cetak, nasi kerangka, tuas, tegangan, gaya, mold, rice, frame, lever, stress, force.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering
Depositing User: Tri Prasetyo Aji
Date Deposited: 15 Dec 2017 07:38
Last Modified: 06 Mar 2019 01:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47596

Actions (login required)

View Item View Item