Desain Kapal Ikan Dengan Penggerak Hibrida Sel Surya dan Motor Diesel Untuk Perairan Kabupaten Bangkalan

Hassim, H. Ach. Zamili (2017) Desain Kapal Ikan Dengan Penggerak Hibrida Sel Surya dan Motor Diesel Untuk Perairan Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4109100027-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4109100027-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tugas akhir ini bertujuan untuk merancang kapal ikan bertenaga pendukung hibrida untuk perairan Kabupaten Bangkalan. Penggunaan sistem hibrida ini akan mempengaruhi desain dan perhitungan biaya operasional kapal ikan sehingga akan membuat kapal ikan ini menjadi lebih ekonomis. Sistem hibrida ini sangat cocok dipakai untuk daerah beriklim tropis khususnya perairan Kabupaten Bangkalan sehingga bisa membantu mengurangi biaya operasional penangkapan ikan dikarenakan biaya bahan bakar lebih berkurang. Perhitungan meliputi kebutuhan sistem hibrida berdasar pada kecepatan yang dibutuhkan, yaitu pada proses pencarian lokasi penangkapan ikan, namun dari ruang lingkup konstruksi analisa tidak dilakukan secara mendalam. Biaya pemasangan sistemhibrida pada kapal ikan ini akan lebih mahal, akan tetapi untuk biaya jangka panjang akan lebih murah. Oleh karena itu, sistem hibrida ini menjadikan salah satu inovasi yang akan turut membantu ekonomi masyarakat pesisir umumnya dan khususnya masyarakat nelayan Kabupaten Bangkalan. Hasil dari Tugas Akhir ini berupa kapal dengan ukuran utama kapal L: 11.00 m; B: 2.60 m; H: 0.95 m; T: 0.5 m; Vs: 8 knots dengan biaya pembangunan sebesar Rp 812.300.000,-.
Kata kunci: Kapal Ikan, Hibrida, Kabupaten Bangkalan.
======================================================================================================
This final project aims to design a hybrid powered fishing boat for the waters of Bangkalan Regency. The use of this hybrid system will affect the design and calculation of the operational cost of fishing vessels so that will make this fishing boat becomes more economical. This hybrid system is suitable for tropical climates, especially waters of Bangkalan Regency, which can help reduce the operational costs of fishing due to reduced fuel costs. Calculations include the need for a hybrid system based on the required speed, ie in the search process of the fishing location, but from the scope of the construction of the analysis is not done in depth. The cost of installing the hybrid system on these fishing boats will be more expensive, but for long term costs will be cheaper. Therefore, this hybrid system makes one of the innovations that will help the economics of coastal communities in general and especially fishermen community of Bangkalan Regency. The result of this Final Project is a ship with the main dimension of ship L: 11.00 m; B: 2.60 m; H: 0.95 m; Q: 0.5 m; Vs: 8 knots with development cost of Rp 812.300.000, -.
Keywords: fishing vessels, hybrid system, Bangkalan Regency

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.812 Has d-1
Uncontrolled Keywords: Kapal Ikan, Hibrida, Kabupaten Bangkalan.
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: H. Ach. Zamili Hassim
Date Deposited: 04 Jan 2018 07:32
Last Modified: 05 Mar 2019 08:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47641

Actions (login required)

View Item View Item