Rancang Bangun Mesin Penghancur Sampah Alat Suntik

Hidayad, Tisa Wardatul Jannah and Putra, Dimas Jafa (2017) Rancang Bangun Mesin Penghancur Sampah Alat Suntik. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2114039003-2114039036-Non-Degree.pdf]
Preview
Text
2114039003-2114039036-Non-Degree.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Limbah medis dari puskesmas merupakan salah satu limbah yang berbahaya, khususnya jarum suntik karena dapat mengandung berbagai penyakit menular. Untuk itu alat suntik harus dihancurkan agar tidak disalahgunakan seperti dipakai kembali atau dijual lagi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Selama ini pihak puskesmas masih mengatasi sampah medis dengan mensterilkan jarum suntik menggunakan zat klorin dan membuangnya ke tempat sampah umum. Dengan itu suntik yang sudah dibuang dapat membahayakan orang yang ada disekitarnya.
Mesin ini dirancang menggunakan sistem pemakanan tiga pisau yang dipasang sejajar dan diletakkan di rumah pisau dengan cara dibaut sehingga mudah dalam pemasangan apabila pisau mengalami keausan dan membutuhkan pengasahan untuk mengembalikan ketajaman pisau.
Dari hasil perhitungan diperoleh daya motor yang dibutuhkan sebesar 0,5 HP, dengan putaran motor 1400 rpm yang ditransmisikan oleh belt dan pulley untuk menggerakkan tiga buah pisau yang dipasang sejajar pada rumah pisau. Setelah dilakukan uji coba, didapatkan hasil penghancuran alat suntik berupa butiran plastik sehingga mudah dalam pengolahan selanjutnya.

=================================================================

Medical waste from puskesmas is one of the most dangerous waste, especially syringes because it can contain various infectious diseases. Therefore, the syringe must be destroyed so as not to be abused as used or sold by irresponsible parties. So far, puskesmas still overcame medical waste by sterilizing needles using chlorine and throwing it into public trash. With the injection that has been removed can harm people around them.
This machine is designed using a three-blade fixture system mounted parallel and placed in a knife house with bolts so it is easy to install when a knife is worn and requires grinding to restore the knife's sharpness.
From the calculation results obtained the required motor power of 0.5 HP, with motor rotation 1400 rpm transmitted by belt and pulley to move three pieces that are installed parallel to the knife house. After the trial, the result of destruction of syringes in the form of plastic granules so easy in subsequent processing

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSM 621.815 Hid r
Uncontrolled Keywords: mesin penghancur suntik, alat suntik, pisau, syringe shredder machine, sryinges, knives
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering
Depositing User: Jannah H Tisa Wardatul
Date Deposited: 24 Oct 2017 04:15
Last Modified: 05 Mar 2019 08:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/47926

Actions (login required)

View Item View Item