Media Bantu Berbasis Android Untuk Memberikan Informasi Kandungan Haram Dalam Produk Makanan Dan Minuman Dengan Menggunakan Metode Decision Tree

Ramzy, Haidar Ammarafif (2017) Media Bantu Berbasis Android Untuk Memberikan Informasi Kandungan Haram Dalam Produk Makanan Dan Minuman Dengan Menggunakan Metode Decision Tree. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 1213100117-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
1213100117-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Semakin pesatnya perkembangan produk makanan dan minuman di Indonesia, membuat produsen berlomba-lomba untuk membuat produk makanan dan minuman yang digemari oleh masyarakat. Berbagai jenis makanan dan minuman yang dihasilkan, dibuat dengan bermacam-macam ingredients. Hal ini membuat konsumen muslim semakin sulit dan berhati-hati untuk menentukan produk makanan dan minuman yang halal sesuai syariat Islam. Oleh karena itu, perlu adanya alat bantu untuk mengetahui dan memberikan informasi secara cepat kandungan haram dari suatu produk makanan dan minuman.
Semakin populernya pemanfaatan gadget bersistem operasi Android merupkan peluang untuk bisa dimanfaatkan untuk tujuan tersebut. Metode yang akan diimplementasikan dalam program alat bantu berbasis Android tersebut adalah Decision Tree. Metode Decision Tree merupakan metode klasifikasi yang paling populer digunakan. Selain karena pembangunannya relatif cepat, hasil dari model yang dibangun mudah untuk dipahami.
Dari pengujian oleh beberapa mahasiswa. Hasil penelitian ini dapat membantu dalam memilih produk makanan dan minuman yang halal, serta dapat membantu menghindari produk makanan dan minuman yang haram.

===================================================================

The more rapid development of food and beverage products in Indonesia, make producers competing for food and beverage products are favored by the community. Various types of food and beverages produced, made with a variety of materials. This is in accordance with Islamic Shari'a. Therefore, the need for tools to know and provide information quickly the illicit content of a food and beverage products.
The increasing popularity of gadget utilized Android operating system is an opportunity to be utilized for the purpose. The method to be implemented in the Android based tool program is Decision Tree. The Decision Tree method is the most popular list method used. In addition to its relatively rapid development, the results of the built model are easy to understand.
From testing by some students. The results of this study can help in selecting halal food and beverage products, and can help avoid unlawful food and beverage products.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Halal,Haram,Ingredients,E-Number,Decision Tree, Klasifikasi
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science. EDP
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Mathematics > 44201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Haidar Ammarafif Ramzy
Date Deposited: 05 Feb 2018 03:35
Last Modified: 05 Mar 2019 07:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48085

Actions (login required)

View Item View Item