Desain Sepeda Kota dengan Konsep Folding Bike untuk ruang Penyimpanan Terbatas dengan Pengguna Mobilitas Tinggi

Nisa, Anisa Khoirun (2017) Desain Sepeda Kota dengan Konsep Folding Bike untuk ruang Penyimpanan Terbatas dengan Pengguna Mobilitas Tinggi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3412100148-undergraduate_theses.pdf]
Preview
Text
3412100148-undergraduate_theses.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Saat ini gaya hidup bukan hanya berkaitan dengan produk styling tetapi produk fungsional seperti halnya transportasi pun sudah bergeser kearah pengaruh gaya hidup dalam penggunaannya, hal tersebut terlihat pada aktivitas kegiatan sepeda saat ini yang hanya digunakan untuk kebutuhanjarak dekat, olahraga, berkumpul bersama teman dan keluarga atau dijadikan sebagai hobi dan sebagai media untuk mengembangkan minat dan pendekatan sosial. Hal tersebut dapat dilihat pada masyarakat terutama yang tinggal di kota besar yang didukung dengan adanya aktivitas dan kegiatan pendukung yang diadakan oleh pemerintah maupun instansi seperti lomba, sepeda santai,car free day. Tidak hanya itu program progam pemerintah yang mendukung peenggunaan sepeda, pengurangan polusi, dan kemacetan dengan dilihat dari perkembangan alat transportasi umum yang terus ditingkatkan dengan upaya agar masyarakat perkotaan yang memiliki aktifitas yang dinamis dapat beralih pada alat transportasi umum. Dengan upaya pemerintah tersebut maka perlu didukung dengan kebutuhan pengguna sepeda dalam menggunakan alat transportasi umumatau fasilitas umum lainnya.
Dengan adanya fenomena dan potensi kedepannya maka dibutuhkan sepeda yang dapat menunjang aktifitas dan kebutuhan pengguna di perkotaan dengan aktifitas yang dinamis dan mobilitas tinggi.Sepeda tersebut harus memenuhi aspek kebutuhan pengguna seperti, sepeda yang ringkas untuk dibawa dan dipindahkan dalam kendaraan umum atau kebutuhan lainnya, ringan untuk mempermudah pengguna dalam membawa, compact untuk mempermudah pengguna untuk memaksimalkan ruang terbatas. Dari ketiga konsep yang sesuai dengan kebutuhan pengguna maka ditemukan desain sepeda untuk diperkotaan dengan ruang penyimpanan terbatas untuk pengguna mobilitas tinggi
============================================================
Nowadays, the bike is not only about transportation but also has shifted into lifestyle products, It is seen from current activities of bicycle that are only used at close ranges, sports, gathering with friends and family or made as a hobby and as a medium to develop interest and social approaches especially for people who lived in big cities which supported by activities held by government and institutions such as race, casual cycling event and car free day. Not only that, government programs that support the use of bicycles, pollution reduction and congestion with development of public transportation continues to be enhanced in order to urban communities that have dynamic activities can switch to public transportation. Therefore it needs to be supported by the bicycle users needs in using public transportation or other public facilities.From some of those phenomenon and potential of the future then it takes a bicycle that can support the activities and needs of users in urban areas with dynamic activities and high mobility. The bike must fulfill the needs of users such as a concise bike to ease user carrying and moving in a public transportation or other needs, lightweight to help the user spend less energy in carrying and compact to facilitate the user to maximize the limited space. Therefore from the three concepts that fit the needs of the user then found the design of bikes for urbanites with limited storage space for high mobility users.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sepeda; perkotaan; mobilitas tinggi; ringkas; compact; Bicycles; city; compact; high mobility; portable
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Industrial Design Product > (S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anisa Khoirun Nisa
Date Deposited: 19 Jan 2018 03:54
Last Modified: 05 Mar 2019 06:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48310

Actions (login required)

View Item View Item