Perancangan Dan Analisis Biaya Manfaat Cetak Biru Melalui Enterprise Application Integration (Studi Pada Badan Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur)

Astiti, Sarah (2017) Perancangan Dan Analisis Biaya Manfaat Cetak Biru Melalui Enterprise Application Integration (Studi Pada Badan Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 9114205319-Master_Theses.pdf]
Preview
Text
9114205319-Master_Theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Membudayakan gemar membaca merupakan isu yang mendapat perhatian khusus dari Badan Perpustakaan dan Kearsipan (Bapersip) Provinsi Jawa Timur. Salah satu Program Kerja yang tertulis di Rencana Strategis Bapersip tahun 2014-2019 yaitu Program pengembangan budaya baca dan pembinaan perpustakaan. Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi di setiap kabupaten/kota di seluruh Jawa Timur memiliki kebutuhan pembinaan dan penyediaan bahan pustaka yang berbeda-beda antara kabupaten/kota satu dengan yang lainnya. Bedasarkan permasalahan tersebut, Bapersip Provinsi Jawa Timur perlu mengintegrasikan data dari database aplikasi sistem manajemen perpustakaan yang ada di setiap Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi di setiap kabupaten/kota di seluruh Jawa Timur ke dalam sebuah penyimpanan terpusat seperti gudang data sehingga diperoleh data akurat yang memudahkan bagi Bapersip Provinsi Jawa Timur dalam menganalisa informasi dan kemudian dapat mengambil strategi yang tepat dalam penyediaan bantuan pengembangan bahan pustaka.
Sistem terintegrasi dapat diwujudkan dengan menerapkan metode Enterprise Application Integration (EAI). Salah satu area implementasi EAI adalah di level data. Pembangunan EAI perlu mengadopsi suatu kerangka kerja arsitektur informasi perusahaan. Zachman Framework merupakan suatu kerangka kerja pengembangan arsitektur informasi perusahaan. Kerangka kerja ini akan menjadi panduan dalam menghasilkan cetak biru arsitektur perusahaan. Persyaratan dasar dari cetak biru suatu proyek adalah adanya manfaat yang dapat diambil ketika proyek tersebut sudah diimplementasikan. Analisis Biaya Manfaat (Cost Benefit Analysis) digunakan dalam menganalisa kelayakan proyek-proyek pemerintah. Berdasarkan Analisis Biaya Manfaat, proses pengimplementasian desain cetak biru ini akan memberikan keuntungan bagi Bapersip Provinsi Jawa Timur yaitu dengan tingkat IRR sebesar 15% dan juga ROI sebesar 50% dari jumlah investasi yang dikeluarkan dalam jangka waktu 5 tahun.

============================================================

Increasing reading interest is a critical issue for Perpustakaan dan Kearsipan (Bapersip) Provinsi Jawa Timur. One program of Bapersip based on Rencana Strategis Bapersip tahun 2014-2019 is Developing reading in library and library development itself. Each Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi in every area has their own books and how to cultivate them. This become an issue on central Bapersip which is the need to integrate every single database from each Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi on east java into one centred data warehouse. With it, central Bapersip might be able to get accurate data for analysis as well as getting on the mark decision making for strategic library purpose.
The integrated system can be realized by applying the Enterprise Application Integration (EAI) method. One area of EAI implementation is at the data level. EAI development needs to adopt a corporate information architecture framework. Zachman Framework is a framework of EAI development. This framework is a guidance in producing a corporate architecture blueprint. The basic requirement of a project blueprint is the benefits that can be taken when the project is implemented. Cost Benefit Analysis is used to analyse the feasibility of government projects. Based on Cost Benefit Analysis, the process of implementing this blueprint design will benefit Bapersip Provinsi Jawa Timur with an IRR rate of 15% as well as an ROI of 50% of the total investment issued within 5 years.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Enterprise Application Integration; Zachman Framework; Analisis Biaya Manfaat; Gudang Data
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: Sarah Astiti
Date Deposited: 18 Jan 2018 08:53
Last Modified: 05 Mar 2019 04:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48364

Actions (login required)

View Item View Item