Analisis Ketahanan Hidup Penderita Kanker Serviks di RSUD dr. Soetomo Surabaya pada Kejadian Berulang Tidak Identik Menggunakan Stratified Cox

Edina, Almira Ivah (2017) Analisis Ketahanan Hidup Penderita Kanker Serviks di RSUD dr. Soetomo Surabaya pada Kejadian Berulang Tidak Identik Menggunakan Stratified Cox. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 1313100105-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
1313100105-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kanker leher rahim adalah sejenis kanker yang paling banyak diderita oleh wanita yang berusia di atas 40 tahun. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi ketahanan hidup pasien penderita kanker serviks, yaitu faktor usia, stadium, komplikasi, penyakit lain, dan jenis pengobatan. Ilmu statistik yang digunakan untuk mengevaluasi status kesehatan masyarakat dari kejadian yang terjadi sehari-hari adalah analisis survival. Pada penelitian ini dilakukan pada dua waktu survival untuk data yang berulang (recurrent event). Metode yang dapat digunakan pada kejadian berulang adalah counting process (untuk kejadian berulang identik) dan stratified Cox (untuk kejadian berulang tidak identik). Pada penelitian ini akan digunakan metode stratified Cox dengan asumsi bahwa subjek mengalami suatu kejadian berulang dan menyebabkan perbedaan tertentu pada setiap kejadiannya (kejadian berulang tidak identik). Berdasarkan hasil analisis didapatkan variabel yang tidak memenuhi asumsi proportional hazard yaitu, penyakit penyerta dan status anemia. Hasil analisis menunjukkan bahwa berdasarkan uji Log-Rank terdapat perbedaan kurva survival pada variabel kemoterapi, operasi, penyakit penyerta, dan status anemia. Faktor yang berpengaruh signifikan terhadap rekurensi pasien kanker serviks adalah kemoterapi dan operasi.

===================================================================

Cervical cancer commonly sufferd by women above 40 years old. There are some factor which affect the survivability of cervical cancer : 1. Age; 2. Cancer stadium; 3. Complication of disease; 4. Comorbid; 5. Treatment. Statistic method used to evaluated society health status from event happen daily is survival analysis. Two times survival data had been done for reccurent event data in this research. Method which can be used in recurent event is counting process (for identical reccurent event) and stratified cox (for unidentical reccurent event). Stratified cox is used in this research with asumption that subject encounter a reccurent event and cause a certain difference in every event (unidentical reccurent event). Based on analysis result, variable that not meet propotional hazard asumption which is, comorbid and anemia status. Analysis result shows based on Log-Rank test, there was survival curve difference in chemotherapy, surgical, comorbid, and anemia status. Factor that significantly influence to reccurancy of cervical cancer patient are chemotherapy and surgical.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis survival, Kanker serviks, Kejadian berulang tidak identik, Log-Rank, Stratified Cox.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA278.2 Regression Analysis. Logistic regression
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Almira Ivah Edina
Date Deposited: 15 Jan 2018 02:49
Last Modified: 05 Mar 2019 04:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/48469

Actions (login required)

View Item View Item