Pengukuran Kinerja Pelaksanaan Proyek Rehabilitasi Saluran Irigasi Negeri Asih di Simalungun dengan Metode Earned Value

Silalahi, Rosa Destiana (2017) Pengukuran Kinerja Pelaksanaan Proyek Rehabilitasi Saluran Irigasi Negeri Asih di Simalungun dengan Metode Earned Value. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111340000039_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03111340000039_Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Proyek yang sudah dibangun dan sudah berfungsi pada umumnya sering mengalami kerusakan atau menurunnya nilai fungsi. Hal ini terjadi pada saluran irigasi Negeri Asih Sumatra Utara. Rusaknya saluran akan mengganggu aktivitas masyarakat. Pemerintah sudah mengupayakan rehabilitasi untuk mengoptimalkan fungsi pada jaringan irigasi ini. Seperti yang diharapkan jalannya proyek pada umumnya, pelaksanaan yang tepat waktu akan lebih baik jika terlaksana agar masyarakat bisa beraktivitas seperti sedia kala. Pelaksanaan proyek ini di lapangan mengalami kemunduran waktu pada awal pekerjaannya dan harus diukur kinerjanya agar juga tidak bermasalah dalam perencanaan biaya berikutnya.

Sasaran penelitian ini adalah mengukur kinerja pelaksanaan proyek pada saat peninjauan. Pada waktu mendatang bisa dilakukan pengendalian sehingga tidak terjadi kemunduran dan juga tidak terjadi pengurangan anggaran. Metode Earned Value digunakan untuk mendapatkan nilai hasil dengan mengkombinasikan analisa lingkup pekerjaan, waktu, dan biaya.

Pada hasil penelitian diperoleh hasil yakni pelaksanaan proyek selama waktu peninjauan tidak sesuai dengan yang direncanakan. Dari aspek estimasi waktu, diperkirakan bahwa jadwal akan mengalami keterlambatan selama satu minggu, yakni dari 26 minggu menjadi 27 minggu. Sementara di aspek estimasi biaya, biaya yang dikeluarkan juga melebihi biaya yang ditargetkan. Pada anggaran biaya sebelumnya adalah Rp 1.680.487.977, dalam perhitungan perkiraan biaya akhir proyek menjadi Rp1.910.630.369. Penyebab dari keterlambatan ini adalah tidak detailnya pengamatan di lapangan sebelum pelaksanaan, tidak optimalnya pekerjaan teknis di lapangan, cuaca buruk, dan kesalahan komunikasi antar-pihak di lapangan. Untuk mengatasi penyebab-penyebab tersebut maka perlu dilakukan lembur dan pekerjaan teknis serta pemilihan material yang lebih optimal.
=====================================================================================================
Projects that have been built and are functioning in general often suffered damage or decreased function value. This occurs in the irrgation channel of Negeri Asih in Simalungun. The destruction of channels will disrupt community activities. The government has been seeking rehabilitation to optimize the function of this irrigation network. As expected the course of the project in general, the timely implementation would be better if done so that people can move as usual. Implementation of this project in the field suffered a setback time at the beginning of its work and should be measured its performance so it is also not problematic in the next cost planning.

The target of this research is how to review. In the future time can be changed so there is no setback and also no budget. The Earned Value method is used to derive results by combining job cost, time, and cost analysis.

In the research results obtained the results of the implementation of the project during the time of review is not in accordance with the planned. From the time estimation aspect, it is estimated that the schedule will be delayed for one week, from 26 weeks to 27 weeks. While in the aspect of cost estimation, the cost incurred also exceeds the targeted cost. In the previous cost budget is Rp 1,680,487,977, in the calculation of the estimated final cost of the project to Rp1,910,630,369. The cause of this delay is the lack of detailed field observations prior to implementation, inadequate technical work in the field, poor weather, and miscommunication between parties in the field. To overcome these causes it is necessary to do overtime and technical work and the selection of materials more optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 658.155 2 Sil p-1 3100018074226
Uncontrolled Keywords: Kinerja; Earned Value; Pengendalian; varians; performance; control; variance
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC812 Irrigation
T Technology > TF Railroad engineering and operation > TF193 Estimates, costs, etc.
T Technology > TH Building construction > TH437 Building--Cost control.
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Silalahi Rosa Destiana
Date Deposited: 19 Feb 2018 02:37
Last Modified: 20 Apr 2020 20:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49206

Actions (login required)

View Item View Item