Analisis Kinerja Traksi Dan Redesign Transmisi Armored Personnel Carrier KOMODO 4X4

Siregar, M. Anggi (2018) Analisis Kinerja Traksi Dan Redesign Transmisi Armored Personnel Carrier KOMODO 4X4. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Tugas akhir.pdf]
Preview
Text
Tugas akhir.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dunia militer belakangan ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. PT. Pindad sebagai produsen utama alat-alat kemiliteran Indonesia harus memiliki kemampuan untuk memproduksi alat militer yang kompeten agar dapat bersaing dengan perkembangan teknologi militer secara global. Salah satu perkembangan teknologi transportasi bidang militer adalah mobil anti-peluru atau biasa disebut Armored Personnel Carrier (APC). Salah satu produk transportasi militer PT. Pindad adalah APC KOMODO 4X4 yang merupakan kendaraan tempur anti-peluru yang dilengkapi dengan persenjataan berat sebagai pendukung pasukan infanteri di medan perang. Dari informasi yang didapat, kendaraan APC KOMODO 4X4 berkapasitas 5 penumpang dan memiliki daya sebesar 158 kW namun hanya memiliki kecepatan maksimum sebesar 100 km/h serta daya tanjak sebesar 60%. Dibandingkan dengan kendaraan anti-peluru kompetitornya, yaitu GKN Simba yang memiliki daya engine sebesar 160 kW dan berkapasitas 10 penumpang, kendaraan ini memiliki kemampuan yang sama dengan beban yang dua kali lipat lebih besar. Oleh karena itu dari permasalahan tersebut perlu dilakukan analisis transmisi dan kinerja traksi pada APC KOMODO 4X4 agar memiliki output yang lebih baik dari kompetitornya dan juga dapat bersaing di pasaran.
Dalam penelitian ini, penulis melakukan tiga tahap analisa. Tahap pertama, penulis akan melakukan analisa perhitungan gaya hambat dan gaya dorong kendaraan sehingga akan didapatkan karakteristik traksi kendaraan pada kondisi standar. Kemudian pada tahap kedua, penulis akan melakukan analisa perhitungan kecepatan kendaraan dan daya aktual kendaraan, sehingga didapatkan karakteristik tenaga kendaraan. Tahap terakhir, penulis akan melakukan evaluasi terhadap grafik karakteristik traksi kendaraan pada kondisi standar, kemudian meredesain rasio tiap tingkat transmisi menggunakan teori progresi geometri sehingga kendaraan memiliki kemampuan tanjak serta kecepatan maksimum yang lebih baik dari kompetitornya.
Dari penelitian ini diperoleh grafik karakteristik traksi kendaraan untuk kondisi rasio gigi standar pabrikan serta karakteristik traksi hasil redesign dengan menggunakan 6,7, dan 8 tingkat kecepatan. Setelah dilakukan analisa, ternyata kemampuan tanjak kendaraan tidak sesuai dengan klaim yang ada pada brosur kendaraan. Brosur spesifikasi kendaraan mengklaim kendaraan mampu menanjak dengan gradeability 60% sedangkan pada analisa perhitungan hanya mampu 50%. Setelah dilakukan redesign dengan 6 tingkat kecepatan, kendaraan mampu menanjak dengan gradeability 70% dan menempuh kecepatan maksimum sebesar 140 km/jam.

=======================================================================================================

The military sector has recently developed quite rapidly. PT. Pindad as the main producer of Indonesia’s military equipment must have the ability to manufacture competent military equipments in order to compete with the technological advances in the military world. One of the most recent military transportation technology development is the Armored Personnel Carrier (APC). One of PT. Pindad’s military transportation product, the APC KOMODO 4X4 is a bulletproof combat vehicle armed with heavy weaponry in the means of supporting infantry troops on the battlefield. From the information obtained, the APC KOMODO 4X4 has the capacity of 5 passengers and has a power output of 158 kW but only has a maximum speed of 100 km/h and gradeability of 60%. Meanwhile, its competitor, the GKN Simba which has a power output of 160 kW and the capacity of 10 passengers has the same ability considering it has twice the load. Therefore, from the problem mentioned, it is necessary to perform an analysis on the performance of transmission and traction of the APC KOMODO 4X4 to have a better output performance compared to its competitor.
In this research, the authors will do three stages of analysis. The first stage, will be analyzing the resistance force acting on the vehicle and also the traction force of the vehicle so that we are able to obtain the standard traction performance of the vehicle. On the second stage, the authors will analyze the calculations of vehicle speed and actual power performance of the vehicle and obtain the power performance graph of said vehicle. The third and last stage, authors will evaluate the traction performance graph on standard conditions, and then redesign the ratio of each level of transmission using the geometric progression theory so that the vehicle is able to have a better gradeability and maximum speed compared to its competitors.
From this research, the traction performance graph is obtained for the standard transmission conditions and also for 6,7, and 8 redesigned levels of transmission. After performing the analysis, the vehicle gradeability does not match the existing claim on the vehicle brochure. Whereas the brochure claimed to have a gradeability of 60%, but based on the analysis performed, it is proved that the vehicle is only able to achieve 50% gradeability. After redesigning 6 levels of transmission, the vehicle is able to climb 70% gradeability and has a maximum speed of 140 km/h.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.222 Sir a-1 3100018074487
Uncontrolled Keywords: Karakteristik traksi, APC KOMODO 4X4, manual transmission, redesign, rasio transmisi, progresi geometri
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: M. Anggi Siregar
Date Deposited: 19 Mar 2018 02:45
Last Modified: 14 Jul 2020 05:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/49974

Actions (login required)

View Item View Item