Usulan Penyelesaian Masalah Rekayasa Tanah untuk Jalan dan Gedung di Atas Tanah Ekspansif Studi Kasus Surabaya Barat

Giovanni, Samuel (2018) Usulan Penyelesaian Masalah Rekayasa Tanah untuk Jalan dan Gedung di Atas Tanah Ekspansif Studi Kasus Surabaya Barat. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114100112-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3114100112-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tanah ekspansif merupakan salah satu jenis tanah bermasalah yang paling sering ditemui di Indonesia. Tingginya kemampuan kembang susut saat mengalami perubahan kadar air merupakan sifat yang menonjol pada tanah ekspansif. Dalam kondisi basah, volume tanah ekspansif akan bertambah dan sebaliknya di saat kering, volume tanah ekspansif akan mengecil. Perubahan volume inilah yang sering menyebabkan kerusakan pada bangunan sipil yang berdiri di atas tanah ekspansif. Surabaya Barat juga mengalami masalah akibat tanah ekspansif, oleh karena itulah dibutuhkan suatu alternative usulan penyelesaian untuk menyelesaikan masalah ini.
Kontur tanah Surabaya Barat yang naik turun menyerupai bukit dan lembah membuat perencanaan perbaikan tanah untuk jalan dan gedung di 2 jenis lokasi tersebut menjadi berbeda. Hal ini disebabkan karena, daerah lembah akan sangat mungkin tergenang air pada saat musim penghujan dikarenakan air hujan secara langsung maupun air hujan yang mengalir dari bukit, oleh karena itu digunakan metode Keep it Wet untuk setiap perencanaan yang dilakukan. Sedangkan di daerah bukit tidaklah demikian, pembasahan hanya terjadi di daerah permukaan karena sifat alami air yang mengalir ke tempat yang lebih rendah menyebabkan tidak mungkinnnya terjadi genangan. Namun tetap dibutuhkan perencanaan untuk memastikan agar tidak mempengaruhi kadar air dalam tanah di atas bukit. Oleh karena itu pada perencanaan di Bukit, digunakan metode Keep it Dry.
Dalam Tugas akhir ini penulis telah membandingkan 2 alternatif untuk tiap kondisi. Didapatkan melalui Tugas Akhir ini bahwa alternatif terbaik berdasarkan biaya untuk Perencanaan Perbaikan Tanah untuk Jalan di Bukit adalah Penggunaan Geomembran pada Parit; Jalan di Lembah adalah Penggunaan Geomembran di Bawah Badan Jalan; Rumah di Bukit dan Lembah adalah Penggunaan Geomembran di sekeliling rumah.
======================================================================================================
Expansive soil is one of the most troublesome soil types in Indonesia. The high ability of shrinkage when experiencing changes in water content is a prominent feature on expansive soil. In wet conditions, expansive soil’s volume will increase and vice versa in the dry, expansive soil’s volume will decrease. This volume change often causes damage to civilian buildings standing on expansive ground. West Surabaya is also experiencing problems due to expansive soil, hence it needs an alternative proposed settlement to solve this problem.
West Surabaya land contours that rise and fall resembles hills and valleys making land improvement plans for roads and buildings in 2 different types of locations. This is because, the valley area will very likely flooded during the rainy season due to rain water directly or rain water that flows from the hill, therefore used Keep it Wet method for every planning done. While in the hill area it is not so, wetting occurs only in the surface area because the nature of water flowing to the lower ground causes no puddle. However, planning is still needed to ensure that it does not affect the water content in the soil above the hill. Therefore, in the planning on the Hill, used the Keep It Dry method.
In this final project the author has compared 2 alternatives for each condition. Obtained through this Final Project that the best alternative based on price for Land Improvement Planning for Roads on the Hill is the Use of Geomembranes in the Trenches; for The Road in the Valley is the Use of Geomembrane under the Road Body; for the house in Hill and Valley is the use of Geomembranes around the house.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 624.151 363 Gio u-1 3100018074860
Uncontrolled Keywords: Expansive Soil, Soil Engineering, Keep it Wet, Keep it Dry, West Surabaya
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA749 Soil stabilization
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Giovanni Samuel
Date Deposited: 27 Mar 2018 03:24
Last Modified: 24 Sep 2020 03:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50007

Actions (login required)

View Item View Item