Desain Modifikasi Struktur Gedung Perkantoran One Galaxy dengan Dual System menggunakan Elemen Pracetak dan Hollow Core Slab

Prasetya, Albertus Denny (2018) Desain Modifikasi Struktur Gedung Perkantoran One Galaxy dengan Dual System menggunakan Elemen Pracetak dan Hollow Core Slab. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3114100003-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3114100003-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Dalam menunjang pertumbuhan ekonomi suatu kota, keberadaan perusahaan barang dan jasa menjadi satu hal yang penting. Akan tetapi dengan lahan di kota besar seperti Surabaya yang semakin terbatas berdampak pada sulitnya perusahaan barang dan jasa memiliki kantor perusahaan yang memadai di tengah banyaknya permintaan akan ruang kantor. Oleh karena itu, maka diperlukan ruang kantor vertikal dengan struktur utama yang juga bisa memenuhi permintaan ini dengan cepat, namun tetap kuat dan mudah dilaksanakan. Maka dari itu, pengembang PT. Sinar Galaxy membangun perkantoran One Galaxy yang terintegerasi dengan Galaxy Mall 3 sebagai salah satu solusi untuk memenuhi tingginya tingkat permintaan ruang kantor di Surabaya.
Gedung perkantoran One Galaxy merupakan gedung perkantoran yang berada di atas pusat perbelanjaan Galaxy Mall 3 yang terdiri dari 19 lantai yang direncanakan dengan struktur beton bertulang biasa yang dalam pengerjaannya akan memakan waktu lama dan pengecoran di tempat yang juga belum terjamin kualitasnya karena pengaruh lingkungan dan sumber daya manusia. Maka dari itu, dalam tugas akhir ini akan dilakukan perencanaan ulang dengan mengubah elemen struktur bangunan menjadi elemen pracetak pada balok serta pelat Hollow Core Slab. Kemudian elemen struktur pracetak akan disambung dengan sambungan basah (wet joint) untuk memastikan bangunan tahan terhadap gempa. Dalam penyelesaiannya akan dilakukan analisa struktur utama yang terdiri dari balok, kolom, pelat, dan dinding geser yang akan dimodelkan dengan program bantu. Tujuan dari tugas akhir ini adalah menghasilkan perencanaan struktur bangunan beton yang tahan gempa menggunakan elemen pracetak dengan sambungan basah (wet joint) sesuai dengan peraturan SNI 2847:2013, SNI 1727:2013, dan SNI 1726:2012.
===========================================================================================================
In supporting the economic growth of the city, the existence of goods and services company becomes an important thing. However, when the land becomes limited in big cities such as Surabaya will impact to the difficulty of good and services companies to have an adequate office in the midst of the demand for office building. Therefore, it is necessary to have a vertical office building that can meet the demand quickly, but remain robust and easy implemented. Therefore, PT Sinar Galaxy as developer build One Galaxy office tower as part of Galaxy Mall 3 mixed-used develeopment to bring a solution to meet the high level of office space demand in Surabaya.
One Galaxy office building is an office building which located above the Galaxy Mall shopping center that consists of 19 stories. As planned, One Galaxy office building with regular reinforced concrete structure which in the build process will take a long time and cast in-site that also not guaranted quality because of the effect of human and weather. Therefore, in this final project this building will be re-planning by changing the method of building structure into precast elements one the beam and slab using Hollow Core Slab. Then the precast elements will be joined by wet joint to ensure the building is strong enough to resist earthquakes. To analyze this building, the main structure such as beam, column, slab, and shearwall will be modeled with software. The objective of this final project is produce an earthquake resistant concrete structure design using precast element with wet joint accordance to SNI 2847:2013, SNI 1727:2013, and SNI 1726:2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 690.523 Pra d-1 3100018074736
Uncontrolled Keywords: Beton Pracetak; Hollow Core Slab; Sambungan Basah; Perkantoran; Precast Concrete; Hollow Core Slab; Wet Joint; Office Building
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA681 Concrete construction
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA683 Precast concrete construction. Prestressed concrete construction.
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Albertus Denny Prasetya
Date Deposited: 06 Mar 2018 03:19
Last Modified: 31 Aug 2020 04:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50369

Actions (login required)

View Item View Item