Rancang Bangun dan Analisis Karakteristik Dinamis Atmospheric Pressure Shock Absorber (APSA) dengan Diameter Silinder 60 mm dan Diameter Orifice 1 mm pada Kendaraan Angkut

Putra, Bima Adisetya (2018) Rancang Bangun dan Analisis Karakteristik Dinamis Atmospheric Pressure Shock Absorber (APSA) dengan Diameter Silinder 60 mm dan Diameter Orifice 1 mm pada Kendaraan Angkut. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2113100019-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
2113100019-Undergraduate_Theses.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data dari The Association of Indonesia Automotive Industries (GAIKINDO) pertumbuhan mobil di Indonesia terus meningkat. Hal ini tentunya juga diimbangi dengan kebutuhan akan suku cadang kendaraan juga akan terus meningkat. Salah satu suku cadang yang krusial adalah shock absorber. Shock absorber berfungsi untuk meningkatkan pengendalian dan kestabilan pada kendaraan bermotor. Saat ini, perusahaan yang memproduksi shock absorber merupakan perusahaan asing. Oleh karena itu, diperlukan riset tentang perancangan shock absorber yang mempunyai sistem yang lebih sederhana yang dapat diproduksi di Indonesia. Dengan ini, shock absorber tersebut diharapkan dapat dijual di pasaran dengan harga yang lebih terjangkau. Untuk mengatasi masalah tersebut, kami mengembangkan shock absorber sederhana yang mempunyai perawatan yang mudah dan berharga murah. Shock absorber tersebut adalah Atmospheric Pressure Shock absorber (APSA).
Shock absorber ini menggunakan fluida udara sebagai media peredamnya. Dalam tugas akhir ini dilakukan pemodelan seperempat kendaraan shock absorber konvensional yang menghasilkan gaya redam dari shock absorber konvensional tersebut. Input yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah input sinusoidal dan bump Setelah itu, dilakukan analisis pemodelan Atmospheric Pressure Shock absorber (APSA) untuk melihat variasi diameter orifice yang menghasilkan gaya redam yang paling baik. Gaya redam dari APSA ini dibandingkan dengan gaya redam dari shock absorber konvensional sehingga didapatkan diameter dari orifice ekspansi dan orifice kompresi dari shock absorber APSA ini. Setelah itu, dilakukan pembuatan APSA dan diaplikasikan pada kendaraan Daihatsu Gran max pick up. Lalu, dilakukan pengujian dengan variasi kecepatan sehingga didapatkan analisis respon dinamis dari kendaraan tersebut. Hasil pengujian akan dibandingkan dengan pengujian kendaraan dengan shock absorber konvensional dengan metode yang sama dengan APSA
Dari simulasi sistem APSA tersebut didapatkan grafik gaya redam terhadap perpindahan dan gaya redam terhadap kecepatan. Setelah itu, didapatkan diameter orifice ekspansi dan kompresi sebesar 1 mm dan diameter silinder sebesar 60 mm sehingga gaya redam yang dihasilkan dari APSA lebih besar dibandingkan dengan shock absorber konvensional. Gaya redam shock absorber konvensional dan APSA semakin besar seiring dengan naiknya kecepatan kendaraan Pada hasil pengujian didapatkan respon percepatan maksimum APSA yang dilakukan pada bump lebih kecil dibandingkan dengan respon percepatan maksimum pada shock absorber konvensional. Lalu, RMS percepatan APSA pada jalan bergelombang lebih kecil dibandingkan dengan shock absorber konvensional. Sehingga, APSA lebih baik dibandingkan dengan shock absorber konvensional.
==============================================================================================
Based on data from The Association of Indonesia Automotive Industries (GAIKINDO) car growth in Indonesia continues to increase. This means the need for auto parts will also continue to increase. One of the crucial parts is the shock absorber. Shock absorber serves to improve control and stability in motor vehicles. Currently, the company producing shock absorber is a foreign company. Therefore, it is necessary to make a shock absorber which has a simpler system that can be produced in Indonesia. With this, the shock absorber is expected to be sold in the market with a more affordable price. To solve the problem, we developed a simple shock absorber that has easy maintenance and low cost. This shock absorber is Atmospheric Pressure Shock absorber (APSA).
This shock absorber using air as a damper. In this final project, a quarter car suspension model will be used to know damping force of this shock absorber. The input used in this simulation is sinusoidal and bump input. After that, the analysis of Atmospheric Pressure Shock Absorber (APSA) modeling is done to see the orifice diameter variation which produce the best damping force. The damping force of the APSA is compared with the damping force of the conventional shock absorber to obtain the diameter of APSA’s expansion orifice and the compression orifice . After that, APSA will be made and applied to Daihatsu Gran Max pick up. Then, this vehicle will be tested with variations of speed to obtain dynamic response of the vehicle when using APSA. The test results will be compared with this vehicle using a conventional shock absorber by the same method as APSA.
From the simulation of the APSA system, we get two graphics which are damping force versus displacement and damping force versus suspension’s speed. Thereafter, an expansion and compression diameter of 1 mm and a cylinder diameter of 60 mm obtained resulting damping force of APSA is greater than conventional shock absorber. From the simulation, we know that the damping force value of conventional shock absorber and APSA are getting higher along with the speed of the vehicle. Then from the test using vehicle, the maximum acceleration response of APSA when tested on the bump is smaller than the maximum acceleration response of conventional shock absorber . Then, RMS of acceleration of APSA on bumpy road is smaller than conventional shock absorber. Thus, APSA is better than conventional shock absorber.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSM 629.243 Put r-1 3100018074713
Uncontrolled Keywords: shock absorber, Atmospheric Pressure Shock Absorber (APSA), shock absorber konvensional, diameter orifice, gaya redam, respon dinamis, damping force
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL257.5 Automobiles--Shock absorbers--Design and construction.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Bima Adisetya Putra
Date Deposited: 09 Feb 2018 02:59
Last Modified: 30 Mar 2020 02:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50386

Actions (login required)

View Item View Item