Penerapan Sistem Dinamik Dalam Sistem Transportasi Cerdas Untuk Mengurangi Kemacetan, Polusi Dan Meningkatkan Keselamatan Berlalu Lintas (Study Kasus Dinas Perhubungan Kota Surabaya)

Pamudi, Pamudi (2018) Penerapan Sistem Dinamik Dalam Sistem Transportasi Cerdas Untuk Mengurangi Kemacetan, Polusi Dan Meningkatkan Keselamatan Berlalu Lintas (Study Kasus Dinas Perhubungan Kota Surabaya). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5112202031-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
5112202031-Master_Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Penerapan Sistem Dinamik Dalam Sistem Transportasi Cerdas Untuk Mengurangi Kemacetan, Polusi Dan Meningkatkan Keselamatan Berlalu Lintas (Study Kasus Dinas Perhubungan Kota Surabaya)
Masalah Kemacetan di Indonesia semakin memprihatinkan, semakin banyaknya pertumbuhan kendaraan, semakin banyak produksi yang terus pasarkan oleh pabrik-pabrik kendaraan dan tidak ada aturan pembatasan kendaraan semakin membuat kemacetan yang ada dikota-kota besar di Indonesia dan juga tidak seimbangnya pertumbuhan jalan yang ada. Pertumbuhan kendaraan juga tidak diimbangi oleh mental-mental yang bagus semakin membuat kesemrawutan ditengah jalan.
Kota Surabaya merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia yang hampir setiap jalan mengalami kemacetan. Kemacetan terjadi yang pertama penduduk penyangga kota Surabaya banyak yang melakukan aktifitas di kota Surabaya baik melakukan pekerjaan ataupun kegiatan lain yang bersifat pribadi. Kota Surabaya menjadi jantung jawa timur merupakan penduduk terbanyak yang ada di jawa timur. Penduduk kota Surabaya yang semakin padat menambah kemacetan yang ada. Penduduk Surabaya pada tahun 2015 sudah lebih dari 2,8 juta jiwa dengan pertumbuhan penduduk 0.63 pertahun. Pertumbuhan jalan dari dan keluar kota Surabaya yang kurang maksimal menambah kemacetan yang ada pada jam jam sibuk antara jam 06.00-09.00 dan 15.00-18.00.
Dalam penelitian ini kepadatan kendaraan yang ada dikota Surabaya dimodelkan dengan menggunakan system dinamik untuk menganalisis kondisi saat ini dan mengevaluasi permasalahan yang ada serta memberikan alternative scenario pemecahan masalah. Hasil scenario kendaraan bermotor dengan mengalihkan pengguna kendaraan pribadi dan kendaraan bermotor ke Bus Rapid Transport yang terintegrasi maka penurunan terhada kemacetan dan kecelakaan sebesar 15%. Dengan scenario lalu lintas dengan mengoptimalkan lampu hijau ketika antri kendaraan semakin panjang di traffig light maka penurunan sebesar 15% dn pengurangan polusi dari 2.979.481 ton menjadi 2533.403 ton pengurangan sebesar 15%.
Kata kunci: System Transportasi Cerdas, Kemacetan, Sistem Dinamik

===================================================================

The problem of congestion in Indonesia is increasingly concerning, the increasing number of vehicle growth, the more production that continues to be marketed by vehicle factories and there are no rules of vehicle restrictions increasingly create congestion in big cities in Indonesia and also unbalance the growth of existing roads. Growth of the vehicle is also not balanced by good mentality increasingly create a chaos in the middle of the road.
The city of Surabaya is one of the big cities in Indonesia that almost every road has congestion. Congestion occurred the first population buffer the city of Surabaya many who do activities in the city of Surabaya either do work or other activities that are personal. The city of Surabaya is the heart of East Java is the largest population in East Java. The increasingly crowded Surabaya city population adds to the existing congestion. The population of Surabaya in 2015 is already more than 2.8 million people with population growth of 0.63 per year. The growth of roads from and out of Surabaya that less than the maximum increase congestion that existed during rush hour between 06.00-09.00 and 15.00-18.00.
In this study the density of existing vehicles in the city of Surabaya is modeled using a dynamic system to analyze current conditions and evaluate existing problems and provide alternative scenarios of problem solving. Motor vehicle scenario results by diverting private vehicle users and motor vehicles to integrated Bus Rapid Transport hence decrease in congestion and accident by 15%. With traffic scenario optimizing green light when the vehicle queue is getting longer in traffig light then the decrease of 15% dn pollution reduction from 2,979,481 ton to 2533,403 ton reduction by 15%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: System Transportasi Cerdas, Kemacetan, Sistem Dinamik
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55101-(S2) Master Thesis
Depositing User: pamudi .
Date Deposited: 18 Apr 2018 02:26
Last Modified: 18 Apr 2018 02:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/50915

Actions (login required)

View Item View Item