Desain Coolbox untuk Ikan Menggunakan Metode Pendingin Gabungan Es (H20 padat) dan Es Kering (Co2 padat)

Hidayat, Nur (2003) Desain Coolbox untuk Ikan Menggunakan Metode Pendingin Gabungan Es (H20 padat) dan Es Kering (Co2 padat). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4294100012-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4294100012-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Metode pendinginan dengan es merupakan metode pendinginan ikan yang paling banyak digunakan oleh nelayan karena kemudahan pengoperasiannya. Kelebihan yang lain dan metode ini adalah ikan dapat langsung berkontak dengan media pendingin sehingga cepat dingin, pertumbuhan bakteri dapat diturunkan dan mutu ikan bagus. Metode ini mempunyai kelemahan yakni pada jumlah es yang harus digunakan dalam mendinginkan ikan. Bagian terbesar penggunaan es adalah untuk menahan laju aliran panas dan luar (lingkungan) yang lebih tinggi dari bagian dalam coolbox.
Metode pendingin gabungan digunakan untuk menggabungkan kelebihan dan metode pendingin es dalam mendinginkan ikan sedangkan pengaruh dari lingkungan luar akan diatasi dengan keberadaan es kering.Selanjutnya didesain coolbox baru agar metode gabungan tersebut dapat berfungsi optimal. Desain tersebut harus dapat menyatukan keberadaan es kering dan es dan mampu menahan laju aliran panas dari luar.
Bada akhirnya, diharapkan desain coolbox untuk ikan menggunakan metode pendingin gabungan tersebut dapat mengurangi jumlah es yang digunakan, menggantinya dengan menambah kapasitas ikan yang dapat ditampung, serta yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga kualitas ikan tetap baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.853 5 Hid d
Uncontrolled Keywords: Coolbox ikan, Metode pendingin
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Eny Widiastuti -
Date Deposited: 19 Mar 2018 08:18
Last Modified: 21 Mar 2018 04:00
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51570

Actions (login required)

View Item View Item