Pembuatan Aplikasi Untuk Perencanaan Trayek Angkutan Kota Di Kota Mojokerto

Sukma, Yan Andriariza Ambhita (2006) Pembuatan Aplikasi Untuk Perencanaan Trayek Angkutan Kota Di Kota Mojokerto. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5201100033-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
5201100033-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Perencanaan trayek angkutan kota di Pemkot Mojokerto yang dilakukan selama ini prosesnya masih belum terintegrasi. Sebagian prosesnya masih dikeijakan secara manual dan sebagian lainnya sudah menggunakan aplikasi pendukung, bukan aplikasi yang khusus digunakan untuk perencanaan trayek angkutan kota. Karena itulah diperlukan sebuah aplikasi khusus untuk perencanaan trayek angkutan kota yang prosesnya sudah terintegrasi dalam sebuah aplikasi saja, sehingga pengguna hanya perlu memasukkan data yang dibutuhkan dan langsung memperoleh hasil akhirnya, tanpa perlu melakukan proses secara terpisah-pisah.
Tugas akhir ini berkaitan dengan pembuatan aplikasi untuk perencanaan trayek angkutan kota yang didasarkan pada ilmu transportasi. Perencanaan yang dimaksud adalah merencanakan kembali rute trayek angkutan kota yang sudah ada di Kota Mojokerto. Aplikasi ini menerima masukan berupa data kependudukan. data wilayah, data jaringan jalan, data trayek, dan data survei Home Jnterview yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Mojokerto. Semua masukan tersebut kemudian diproses dengan menggunakan “Model Perencanaan Transportasi Empat Tahap”, yang meliputi pembangkitan perjalanan, persebaran perjalanan, pemilihan rute dan pemilihan moda. Dari proses tersebut kemudian diperoleh luaran berupa rute baru beserta hasil evaluasinya, yaitu nilai rasio waktu perjalanan, rasio biaya perjalanan, persentase penggunaan angkutan kota, serta pangsa pasar untuk rute lama dan rute baru pada tahun sekarang dan tahun rencana. Dari hasil evaluasi tersebut dapat diketahui rute mana yang sebaiknya dipilih untuk masing-masing trayek yang ada.
Aplikasi yang telah dibuat telah dilakukan uji coba dengan menggunakan data survei tahun ini untuk melakukan perencanaan tahun 2006. Dari hasil uji :oba yang dilakukan, aplikasi ini telah bernasil memperoleh luaran berupa rute baru masing-masing trayek beserta evaluasinya dan saran penggunaan rute untuk masing-masing trayek tersebut. Untuk ini terdapat 2 trayek yang mengalami perubahan rute menjadi lebih cepat untuk rute barunya dibandingkan dengan rute lamanya, dan berdasarkan hasil evaluasi rasio waktu perjalanan, rasio biaya perjalanan, persentase penggunaan trayek dan pangsa pasarnya, maka kedua Tayek tersebut disarankan untuk menggunakan rute barunya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 005.74 Suk p
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming.
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 19 Mar 2018 08:32
Last Modified: 19 Mar 2018 08:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51572

Actions (login required)

View Item View Item