Segmentasi Citra Psoriasis Menggunakan W-K-Means Clustering Dan Operasi Morfologi

Ridho, Rifky Muhammad (2015) Segmentasi Citra Psoriasis Menggunakan W-K-Means Clustering Dan Operasi Morfologi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5107100068-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
5107100068-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Psoriasis merupakan sebuah penyakit yang menyerang kulit, biasanya ditandai dengan sisik yang berlapis berwarna keperakan dan penabalan kulit berwarna kemerahan yang disertai dengan rasa gatal. Luka yang ditimbulkan oleh psoriasis ini dapat muncul secara bervariasi mulai berupa sisik lokal yang kecil maupun hingga meliputi seliruh anggota tubuh. Penyebab utama dari psoriasis masih belum diketahui. Penyakit ini umumnya dianggap penyakit genetik, yang dipicu atau dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Sejauh ini masih belum ditemukan obat untuk menyembuhkan psoriasis, walaupun berbagai macam perawatan dapat dilakukan untuk mengontrol gejala psoriasis.
Pada Tugas Akhir ini dikembangkan perangkat lunak untuk melakukan segmentasi area dari psoriasis dengan menggunakan algoritma W-k-means clustering yang dipadukan dengan operasi morfologi. Metode ini memiliki tujuh tahap. Yang pertama adalah melakukan preprocessing pada citra. Kemudian, melakukan clustering pada citra psoriasis dengan menggunakan W-k-means clustering. Tahap ketiga adalah mengubah citra keluaran menjadi citra grayscale. Kemudian citra dihaluskan menggunakan median filtering. Tahap kelima adalah mengubah citra menjadi citra biner. Setelah itu dilakukan deteksi tepi dengan
viii
menggunakan metode Sobel. Tahap terakhir adalah melakukan operasi morfologi pada citra.
Manfaat sistem ini adalah untuk mengetahui area dati penyakit psoriasis. Sehingga diharapkan proses penanganan penyakit ini akan menjadi lebih cepat.
============================================================================================================
Psoriasis is a skin affecting disease, characterized by silvery layered scales and red skin lesions which usually itch. The skin lesions seen in psoriasis may vary in severity from minor localizd patches to complete body coverage. The causes of psoriasis are not fully understood. It is generally considered a genetic disease, thought to be triggered or influenced by environmental factors. No cure is available for psoriasis, but various treatments can help to control the symptoms.
In this project, we proposed a system to identify psoriasis region using W-k-means algorithm with morphological operations. This method is consisted by seven steps. The first step is image preprocessing. Next, clustering. It is done using W-k-means clustering on psoriasis image. Third, the output image is changed into grayscale image. Then, the image is filtered using median filter. The fifth step is changing image into binary image. Next, edge detection is done by using Sobel method. Lastly, the image is processed using morphological operations
The benefits of this system is to find the area affected by this disease. Hopefully, the handling process of this disease can be quicker.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.1 Rid s
Uncontrolled Keywords: Psoriasis, W-k-means Clustering, Median Filtering, Deteksi Tepi Sobel, Operasi Morfologi
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 02 Apr 2018 04:54
Last Modified: 24 Aug 2018 06:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/51661

Actions (login required)

View Item View Item