Pemodelan Sedimentasi Untuk Perencanaan Kawasan Pantai Timur Surabaya

Herdianti, Winda Amalia (2018) Pemodelan Sedimentasi Untuk Perencanaan Kawasan Pantai Timur Surabaya. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311650020004-Master_Theses.pdf]
Preview
Text
04311650020004-Master_Theses.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kota Surabaya secara administratif memiliki batas ke arah laut yang terdiri dari 11 kecamatan yang dikenal dengan Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya). Pamurbaya tersebut dikembangkan sebagai kawasan perairan yang terintegrasi dengan pelabuhan, hankam, perdagangan, wisata dan kawasan lindung. Maka dari itu, Dalam penelitian ini akan dimodelkan proses sedimentasi menggunakan Delft 3D di Kawasan Pamurbaya yang bisa dijadikan rekomendasi dalam pengembangan wilayah. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa wilayah Pamurbaya didominasi oleh sedimentasi. terdapat sedimentasi yang cukup luas di daerah Kenjeran hingga Gunung Anyar dikarenakan terdapat beberapa sungai, muara dan saluran pembuangan yang dapat menjadi sumber sedimen. Pengembangan wilayah di Pamurbaya sesuai dengan RTRW Surabaya namun karena adanya sedimentasi yang besar, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti adanya ketidak jelasan atas kepemilikan tanah timbul di daerah kenjeran dan kurangnya ketebalan hutan bakau karena kawasan tersebut didominasi oleh kegiatan tambak. Solusi yang ditawarkan ialah harus adanya kejelasan aturan dari pemerintah mengenai tanah timbul dan melakukan reboisasi hutan bakau.
=========================================================================================================
Surabaya City administratively has a maritime boundary consisting of 11 districts known as Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya). Pamurbaya is developed as an integrated waters area with harbor, defense, trade, tourism and protected areas. Therefore, in this research will be modeled sedimentation process using Delft 3D in Pamurbaya area which can be recommended in regional development. the results of this study found that the Pamurbaya region is dominated by sedimentation. there is considerable sedimentation in the Kenjeran area to Gunung Anyar because there are several rivers, estuaries and sewers that can be a source of sediment. The development of the area in Pamurbaya is in accordance with the Surabaya City Spatial Plan. But due to the large sedimentation, there are some problems occurs, such as land ownership arising in kenjeran area and the lack of thickness of mangrove forests because the area is dominated by ponds. The solution offered is the need for clarity of rules from the government on arising land and reforestation of mangrove forests.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTKe 551.303 Her p-1 3100018075480
Uncontrolled Keywords: Sedimentation; Delft 3D Model; Surabaya
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD31 Management--Evaluation
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD7293 Housing policy
Q Science > QE Geology > QE571 Sedimentation and deposition. Sediment transport. Erosion.
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC424 Water levels
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38101-(S2) Master Thesis
Depositing User: winda amalia herdianti
Date Deposited: 18 Jul 2018 05:40
Last Modified: 06 Oct 2020 08:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52098

Actions (login required)

View Item View Item