Analisa Pendangkalan pada Jalur Pelayaran Pelabuhan Perikanan Cilacap

Agungnugroho, Fitri (1999) Analisa Pendangkalan pada Jalur Pelayaran Pelabuhan Perikanan Cilacap. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4394100003-Undergraduated Thesis.pdf]
Preview
Text
4394100003-Undergraduated Thesis.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Analisa dalam tugas akhir ini adalah bertujuan untuk mengetahui besarnya sediment transport yang memasuki Pelabuhan Perikanan Cilacap dan penyebab terjadinya pendangkalan pada jalur pelayaran pelabuhan tersebut serta memberikan alternative solusinya. Analisa yang dilakukan meliputi perhitungan longshore sediment transport di Teluk Penyu, perhitungan sediment transport yang memasuki pelabuhan, perhitungan kecepatan pendangkalan pada jalur pelayaran, dan penilaian stabilitas jalur pelayaran terhadap sedimentasi. Dari hasil perhitungan diperoleh longshore sediment transport sebesar 644.725, 47 m3/th, jumlah sediment transport yang memasuki pelabuhan sebesar 26.770,46 m3/th, dan kecepatan pendangkalan 0,43 m/th. Hasil tersebut bila dibandingkan dengan data record sedimentasi hasil sounding tahun 1997 oleh pihak pelabuhan tidak memiliki perbedaan yang jauh yaitu jumlah sediment transport yang memasuki pelabuhan sebesar 32.528,28 m3/th dan kecepatan pendangkalan 0.6 m/th. Longshore sediment transport tersebut terjadi akibat pengaruh gelombang. Penyebab dari pendangkalan yang terjadi pada jalur pelayaran Pelabuhan Perikanan Cilacap adalah akibat rendahnya stabilitas jalur pelayaran, yang juga merupakan muara sungai Kali Yasa, terhadap sedimentasi. Untuk menanggulangi/mengurangi masalah pendangkalan tersebut maka perlu dilakukan perbaikan/modifikasi terhadap up drift breakwater untuk mengurangi tinggi gelombang yang menyebabkan terjadinya sediment transport ketika memasuki pelabuhan. Alternatif solusi ini dipilih karena lebih relevan untuk dilakukan dengan pertimbangan kondisi lingkungan tempat lokasi pelabuhan tersebut berada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 551.303 Agu a
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC357 Harbor Engineering. Piers, quays, and wharves
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:45
Last Modified: 20 Jul 2018 02:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52409

Actions (login required)

View Item View Item