Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Pengelolaan Gedung di ITS

Sakti, Theo Wibismana (2018) Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Pengelolaan Gedung di ITS. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211140000065-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05211140000065-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (30MB) | Preview

Abstract

Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) dalam masterplannya sudah mengatur rencana pengelolaan gedung sedemikian rupa agar sesuai dengan visi misi dan tujuan organisasinya. Namun, dengan luas lahan yang tergolong besar, terdapat kesulitan dalam memantau pembangunan dan perbaikan gedung seperti yang telah direncanakan. Hal ini menimbulkan beberapa permasalahan seperti kesulitan peninjauan gedung lama dan pertimbangan pembangunan gedung baru maupun pengalokasian prioritas dan anggaran perawatan gedung.
Pada kondisi saat ini peninjauan masih dilakukan dengan cara manual yakni melakukan peninjauan langsung dan pencatatan untuk kemudian diarsipkan oleh pihak pengelola gedung ITS. Masalah yang dialami oleh pihak pengelola gedung ITS dengan sistem ini adalah banyaknya data yang tidak terarsipkan dan hanya diketahui oleh pihak- pihak yang terlibat langsung pada saat peninjauan maupun pembangunan. Saat dilakukan pendataan ulang sering terjadi kendala dimana pihak yang terlibat sudah tidak menjabat sehingga data-data yang seharusnya diarsipkan pun hilang. Kesulitan lain yang dihadapi juga pada saat pihak pengelola gedung membutuhkan pencarian data dengan cepat dan tepat, karena harus menghubungi pihak-pihak lain terlebih dahulu. Permasalahan inilah yang ingin dibantu oleh penelitian ini.
Penelitian ini membuat sebuah sistem informasi yang berdasarkan pada peta kondisi kekinian gedung ITS. Sistem informasi yang dihasilkan akan dapat menampilkan data-data terkait gedung dan bangunan yang sudah ada. Sistem juga dirancang untuk dapat membantu pengguna untuk mengajukan dan memantau perawatan gedung serta melihat data-data gedung terkait hubungannya dengan pengelola gedung. Sehingga sistem informasi diharapkan dapat membantu proses pemantauan dan renovasi gedung oleh pihak-pihak yang terlibat dalam pengelolaan bangunan.
Pada akhir pengembangan perangkat lunak, penulis juga melakukan pengujian untuk memastikan bahwa sistem yang dibangun telah sesuai dengan keperluan pengguna menggunakan metode blackbox testing.
Hasil dari tugas akhir ini adalah sebuah perangkat lunak yang dapat membantu pihak pengelola gedung di ITS dalam melakukan pengelolaan dan renovasi gedung.
============== In its masterplan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) have have devised plans to manage buildings and their respective use as to fulfill the organization’s visions and missions. However, with it’s vast land and a lot of buildings, difficulties arise when it is time to monitor and recheck the condition of said buildings overtime. This raises several issues such as the difficulty of reviewing the old buildings and the consideration of new building construction as well as the priority allocation and budget of the building maintenance.
In the current condition building reviewing is still done by human labour, that is doing direct observation and recording to then archived by the manager of ITS building. Problems experienced by the management of ITS building with this system are the amount of data that are not archived and only known by the parties involved directly at the time of review and development. When the data recollection is done, often times the parties involved are no longer serving so the data that should be archived was lost. Also, some problems encountered when the building manager needs to search for data quickly and precisely, because they must contact the other parties first. These problems are what this research aims to help.
This research makes an information system based on the current condition of ITS's building. The resulting information system will be able to display data related to existing buildings. The system is also designed to help users to file and monitor building maintenance as well as review data relating to building managers. So, the information system is expected to help the process of monitoring and renovation of buildings by the parties involved in building management.
At the end of the software development, the authors also use black box testing to ensure that the system built is in accordance with the needs of users.
The result of this undergraduate thesis is a software that can help the building managers in ITS in managing and renovating existing buildings.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Software Development, Building Management, Monitoring, building maintenance monitoring, Information systems
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
T Technology > TH Building construction > TH3351 Maintenance and repair
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Theo Wibismana Sakti
Date Deposited: 11 Oct 2018 04:32
Last Modified: 12 Mar 2021 05:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/52479

Actions (login required)

View Item View Item