Manajemen Perubahan Pada Penerapan Aplikasi Yukblajar Di Smp Negeri 1 Kediri Dengan Menggunakan Model Prosci Adkar

Winardi, Dwi Devitasari (2018) Manajemen Perubahan Pada Penerapan Aplikasi Yukblajar Di Smp Negeri 1 Kediri Dengan Menggunakan Model Prosci Adkar. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211440000006-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
05211440000006-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

SMP Negeri 1 Kediri merupakan sekolah yang memiliki kehendak untuk menerapkan Yukblajar sebagai sistem pembelajaran digital untuk membantu proses belajar mengajarnya. Pada saat ini, sebagian besar proses belajar mengajar yang dilakukan oleh stakeholder sekolah dijalankan secara manual. Sehingga ketika manajemen SMP Negeri 1 Kediri menerapkan Yukblajar, terdapat perubahan yang perlu dikelola dari kondisi saat ini untuk menuju kondisi masa depan yang diharapkan. Agar perubahan dapat mencapai kesuksesan maka tidak hanya dibutuhkan manajemen proyek yang baik namun juga membutuhkan manajemen perubahan.
Pada penelitian ini bertujuan untuk melakukan manajemen perubahan yang selaras dan beriringan dengan manajemen proyek penerapan Yukblajar di SMP Negeri 1 Kediri. Penelitian ini mengacu pada Model Prosci ADKAR sebagai kerangka kerja yang menyediakan tahapan bagi individu untuk melakukan perubahan. Model ini dipilih karena berorientasi pada elemen krusial yaitu perubahan pada tingkat individu. Penelitian ini terdiri dari 3 tahap, yaitu: (1) menggali kondisi sekolah saat ini, (2) menganalisis strategi yang kemudian dibentuk menjadi aktivitas dan roadmap strategi manajemen perubahan, dan (3) mengimplementasikan roadmap strategi dan evaluasi.
Hasil dari penelitian ini berupa roadmap strategi pada satu siklus manajemen perubahan dengan Model Prosci ADKAR. Selanjutnya, roadmap strategi diimplementasikan dan dievaluasi pelaksanaannya. Hasil evaluasi menjadi acuan untuk pelaksanaan manajemen perubahan pada siklus berikutnya.
==================================================================================================
Junior High School 1 Kediri wants to implement Yukblajar as their digital learning system to support in learning and teaching process. Nowadays, most of the teaching and learning process carried out by the school’s stakeholder are done manually. So, when the school’s management want to implement Yukblajar, there are changes that should be managed from the current state to the expected future state. The successful changes not only need good project management but also need change management.
The purpose of this research is providing change management that is aligned to project management of implementation Yukblajar in Junior High School 1 Kediri. This research uses Prosci ADKAR model as its framework that provides sequential element for individual to change. This framework is chosen because it has orientation in crucial element that is change at individual level. This research consists of 3 stages: (1) Exploring current state, (2) Analyzing strategies that are formed to be change management activities and roadmap, and (3) Implementing change management strategy roadmap and evaluation.
The output of this research is strategy roadmap in one cycle of change management based on Prosci ADKAR model. Furthermore, the roadmap strategy will be implemented and evaluated. The result of the evaluation can be a reference for the next cycle of change management.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: manajemen perubahan, strategi, Model Prosci ADKAR, Yukblajar, SMP Negeri 1 Kediri
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Winardi Dwi Devitasari
Date Deposited: 09 Aug 2021 22:26
Last Modified: 09 Aug 2021 22:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53002

Actions (login required)

View Item View Item