Perancangan Rumah Tinggal dan Kos Mulyosari Timur Perancangan Gedung Workshop Rumah Sakit Ibnu Sina Sragen

Oktavianty, Nadya (2018) Perancangan Rumah Tinggal dan Kos Mulyosari Timur Perancangan Gedung Workshop Rumah Sakit Ibnu Sina Sragen. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111770010011-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
08111770010011-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (41MB) | Preview

Abstract

Bangunan rumah tinggal seringkali digunakan juga sebagai tempat kos yang pada umumnya tidak memiliki batas yang jelas antara rumah tinggal dengan area kos. Tidak heran jika tidak ada privasi antara pemilik rumah dengan penghuni kos disana. Atau terkadang pemilik rumah dengan area kos benar-benar dipisah sehingga tidak bisa saling berinteraksi atau mengawasi area kos. Berawal dari keinginan untuk memberikan batas yang jelas namun tetap terhubung satu sama lain, maka perancangan rumah tinggal dan kos mulyosari timur ini muncul. Rumah tinggal yang sekaligus digunakan untuk kos sebagian lahannya memiliki tantangan tersendiri, yakni bagaimana penghuni saling merasa nyaman satu sama lain serta memiliki privasi masing-masing yang diimbangi dengan penyediaan sarana untuk berkomunikasi antara pemilik rumah dengan penghuni kos.
Gedung Workshop merupakan bangunan khusus yang diperlukan pada rumah sakit dengan kegunaan sebagai bengkel atau tempat memperbaiki alat-alat rumah sakit yang rusak. Gedung workshop ini memiliki ketentuan dari Kementrian Kesehatan yakni gedung workshop tidak dekat dengan area medis. Hal ini dikarenakan kegiatan yang dilakukan pada bangunan ini akan menimbulkan kebisingan. Gedung workshop juga diharapkan menggunakan material-material yang mudah untuk dilakukan pemeliharaannya serta sirkulasi udara yang bagus di dalamnya.
=======================================================================================================
A house usually used for dwelling and for rent to other people, we usually called as boarding house. In the fact, the owner of boarding house merge the house and boarding house. Therefore, they don’t have their privacy. And sometimes, the owner separate each other and they can’t have interaction if needed. This project merge between house and boarding house without disturbing the privacy of each other and they can have the interaction. This project have challenge for merge that without losing their comfort and still have the privacy but have something to communicate between the house of owner and the occupant.
Workshop Building is the support building of hospital. This building is used to repair the equipment of hospital. This building has some rules from Ministry of Healty Indonesia that must placed far from the medic building because it will make noises from the activities. This building also use the materials that have low maintenance and have good air circulation inside building.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RPA 727.38 Okt p-1 3100018078957
Uncontrolled Keywords: Rumah Tinggal, Kos, Rumah Sakit, Gedung Workshop, IPSRS
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
N Fine Arts > NA Architecture > NA6602.D6 Dormitories
N Fine Arts > NA Architecture > NA7115 Domestic architecture. Houses. Dwellings
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architechture > 23101-(S2) Master Theses
Depositing User: NADYA OKTAVIANTY
Date Deposited: 07 Dec 2020 12:33
Last Modified: 13 Aug 2021 05:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53709

Actions (login required)

View Item View Item