Perancangan Rumah Tinggal Dan Kos Humanisme Kertajaya & Rumah Tinggal ‘Living Well In Limited Space’ Siwalankerto Surabaya

Riandhini, Dwita Hapsarie (2018) Perancangan Rumah Tinggal Dan Kos Humanisme Kertajaya & Rumah Tinggal ‘Living Well In Limited Space’ Siwalankerto Surabaya. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111770010023-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
08111770010023-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (34MB) | Preview

Abstract

Hunian merupakan salah satu kebutuhan utama setiap manusia sebagai tempat berteduh serta melakukan segala aktivitas sehari-hari. Semakin berkembangnya pola kehidupan dan kebutuhan masyarakat juga semakin menuntut akan adanya perkembangan dan penyesuaian fasilitas yang mengakibatkan adanya pengembangan dan penataan kembali hunian rumah tinggal yang telah terbangun.
Salah satu kasus yang sering ditemui adalah kebutuhan akan rumah kost yang merupakan salah satu kebutuhan bagi mahasiswa/i, khususnya mahasiswa/i yang berasal dari luar daerah. Saat ini, tak jarang ditemui rumah kost “darurat”, dimana rumah tinggal pribadi masyarakat sekitar yang ditambah dengan fungsi lain sebagai rumah kost dengan penataan ruang seadanya tanpa memperhatikan segi kenyamanan maupun keamanan. Tidak hanya sampai disitu, pembangunan rumah kost “dadakan” terkadang juga kurang memperhatikan dampaknya pada lingkungan sekitar sehingga dapat menimbulkan potensi gangguan pada masyarakat sekitar, seperti hal yang paling umum adalah kurang tersedianya lahan parkir.
Laporan ini bertujuan untuk menunjukan proses dan tahapan yang telah dilalui dan dipelajari berdasarkan proyek di lapangan. Dalan proses perancangan, soerang Arsitek dituntut untuk mampu menerjemahkan rancangan ke dalam bentuk gambar kerja juga di butuhkan. Sehingga hasil yang diharapkan adalah tergambarnya gambar kerja yang baik dan benar serta mempunyai pemahaman akan rencana anggaran biaya serta rencana kerja dan syarat.
==========================================================================================================
Dwelling, as one of main needs every human being as a shelter that does all the daily activities. The growing pattern of life and need of the community are also increasingly demanding the existence of the development and adjustment of facilities. That case causing the development and resettlement of dwelling.
One of the case is need a boarding house which is need for students from outside the region. The need of boarding house is "emergency". Many private residence is also adding other functions as boarding house. But, many boarding house do not provide spatial layout, comfortable, and security. The construction of boarding house also less attention that has impact on the surrounding environment, such as lack of availability of parking lots.
The aim of the report is showing the processes and stages that is passing trough on projects in the field. In the design process, the architect is required to be able translate the design into the form. In other hand, construction drawing are also need. The wishing results are better understanding of construction drawing, budget and requirements standarts.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RPA 727.38 Ria p-1 3100018078951
Uncontrolled Keywords: Hunian, Penataan Kembali, Rumah Kost
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Architecture > 23101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Dwita Hapsarie Riandhini
Date Deposited: 06 Dec 2020 21:31
Last Modified: 03 Mar 2021 06:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/53912

Actions (login required)

View Item View Item