Peningkatan Performansi Terminal Dengan Menggunakan Pendekatan Simulasi (Studi Kasus: Terminal Jamrud PELINDO 3)

Ardilla, Umdah (2018) Peningkatan Performansi Terminal Dengan Menggunakan Pendekatan Simulasi (Studi Kasus: Terminal Jamrud PELINDO 3). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411440007002-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
02411440007002-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Terminal Jamrud merupakan salah satu Terminal Pelabuhan Tanjung Perak yang dibawahi oleh Pelindo 3. Salah satu aktivitas yang dilakukan oleh Terminal Jamrud adalah layanan bongkar muat petikemas yang dilakukan oleh dermaga Jamrud bagian utara. Saat ini Terminal Jamrud memiliki resource 6 buah Harbour Mobile Crane (HMC) dan 5 buah container truck. Berdasarkan data historis tahun 2017 didapatkan hasil performansi Terminal dimana nilai B/C/H yang dimiliki oleh Terminal hanya sebesar 8 box/crane/hour bernilai kurang dari standar yang ditetapkan oleh pihak Pelindo yaitu sebesar 10 box/crane/hour. Selain itu effective time yang dimiliki oleh Terminal Jamrud hanya mencapai 60% jika dibandingkan oleh berthing time. Sedangkan nilai effective time minimal yang ditetapkan oleh Terminal Jamrud sebesar 70%. Permasalahan tersebut tentu akan menganggu produktivitas serta kecepatan layanan dari Terminal. Dalam penelitian ini dilakukan peningkatan performansi Terminal yang dilakukan dengan menggunakan metode simulasi diskrit. Variabel respon yang diukur dari simulasi ini meliputi B/C/H, lama waktu antri, dan effective time. Kondisi perbaikan yang dilakukan adalah melakukan penambahan serta alokasi resource yang dimiliki oleh Terminal. Berdasarkan nilai parameter lama waktu antri dan besar effective time didapatkan skenario yang terbaik yaitu skenario 3 yaitu mekhususkan penggunaan 2 container truck untuk aktivitas Bongkar sekaligus Muat dan penggunaan 3 container truck untuk aktivitas Bongkar saja dan Muat saja. Sedangkan jika berdasarkan nilai B/C/H didapatkan skenario yang terbaik yaitu skenario 5 yaitu penambahan 1 buah HMC dan penggunaan 2 truck untuk aktivitas Bongkar sekaligus Muat dan 3 truck untuk aktivitas Bongkar saja dan Muat saja.
==========================================================================================================
Jamrud terminal is one of many terminals in Tanjung Perak Port that is managed by Pelindo 3. One of activities done by Jamrud Port is loading and unloading container. It is done by north Jamrud dock. Today, Jamrud Port has six Harbour Mobile Cranes (HMC) and five 5 container trucks. Based on 2017 data, B/C/H value of Jamrud Port was just 8 box/crane/hour. This value is still smaller than the standard that has been set by Pelindo which is 10 box/crane/hour. Besides, the effective time that Jamrud Port has is only 60% from the berthing time. Meanwhile, the minimum effective time which Jamrud Port set is 70% from the berthing time. This problem surely disturb the productivity and speed of the service. Hence, this research aims to increase terminal performance using discrete event simulation approach. The measured response variables in this simulation include B/C/H, length of queuing time, and effective time. The proposed improvement to the system is by adding and allocating resource which the port has. Based on the length of queuing time and effective time parameter, the third scenario is the best scenario among all. It specifies the usage of the second truck container for loading and unloading activity and the usage of the third truck container for unloading activity only or loading activity only. However, based on the B/C/H value, the fifth scenario is the best scenario among all. It will add one unit of HMC and use two units of truck for loading and unloading activity and use three trucks for unloading activity only or loading activity only.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 627.31 Ard p-1 3100018078890
Uncontrolled Keywords: Perfomansi, Petikemas, Simulasi Diskrit, Terminal, Container, Performance, Port, Discrete Event Simulation
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD55 Inventory control
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD56.25 Industrial efficiency--Measurement. Industrial productivity--Measurement.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549.5.P35 Performance standards
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ardilla Umdah
Date Deposited: 18 Feb 2019 04:34
Last Modified: 25 Nov 2020 04:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54037

Actions (login required)

View Item View Item