Deteksi Eksudat Otomatis dengan menggabungkan beberapa Active Contours dan Klasifikasi Regionwise

Naufal, Ahmad Afiif (2018) Deteksi Eksudat Otomatis dengan menggabungkan beberapa Active Contours dan Klasifikasi Regionwise. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05111440000041-Ahmad-Afiif-Naufal-Buku_TA dengan Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
05111440000041-Ahmad-Afiif-Naufal-Buku_TA dengan Lembar Pengesahan.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Diabetic Retinopathy (DR) adalah penyakit mata yang diakibatkan oleh diabetes jangka panjang yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan (kebutaan). Tanda-tanda awal penyakit ini adalah mikroaneurisma dan eksudat. Eksudat tampak berwarna kekuningan dan bercahaya di latar belakang retina dengan ukuran dan bentuk yang tidak beraturan.
Tugas akhir ini mengusulkan sebuah metode deteksi eksudat otomatis dengan menggabungkan beberapa Active Contours dan klasifikasi Regionwise. Penggunaan beberapa algoritma pre-processing yang berbeda direkomendasikan untuk mengekstrak kandidat kontur dengan metode active contour untuk setiap citra pre-processed. Pendekatan yang diusulkan dapat dibagi menjadi empat tahap: ekstraksi kandidat, metode pre-processing citra, segmentasi kontur yang tepat, dan pelabelan kandidat sebagai eksudat sebenarnya atau bukan.
Performa metode segmentasi yang diusulkan diuji dengan membandingkan citra keluaran dengan citra ground truth menggunakan perhitungan sensitivity, ppv dan f-score. Rata-rata hasil performa dari hasil segmentasi untuk tiap citra adalah 85.28%, 80.28% dan 82.23%.. Hasil ini menunjukkan bahwa metode yang diusulkan dapat memberikan hasil segmentasi ketepatan eksudat yang akurat. Hasil tugas akhir ini diharapkan dapat memberikan metode yang lebih baik untuk skrining diabetic retinopathy sehingga dapat memberikan kontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T57.5 Data Processing
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1637 Image processing--Digital techniques
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Naufal Ahmad Afiif
Date Deposited: 17 Jun 2021 20:56
Last Modified: 17 Jun 2021 20:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54083

Actions (login required)

View Item View Item