Alternatif Perencanaan Abutment Dan Oprit Fly Over Kandangan, Surabaya, Jawa Timur

Saputra, Pungky Aditya Rindy (2018) Alternatif Perencanaan Abutment Dan Oprit Fly Over Kandangan, Surabaya, Jawa Timur. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3116105029-Pungky Aditya Rindy Saputra.pdf]
Preview
Text
3116105029-Pungky Aditya Rindy Saputra.pdf - Accepted Version

Download (23MB) | Preview

Abstract

Kota Surabaya merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang selalu bermasalah dalam bidang transportasi terutama kemacetan. Adanya pembangunan fly over yang melintasi jalur trek ganda kereta api Stasiun Benowo – Stasiun Kandangan KM 219+958 yang terletak di Desa Kandangan ini termasuk salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan di Surabaya barat khususnya di daerah Kandangan dan sebagai jalur alternatif menuju Gresik.
Fly over Kandangan semula direncanakan dengan lebar total 20 meter dibatasi median. Akan tetapi dikarenakan adanya rencana pengembangan area perumahan diwilayah Kandangan dan meningkatnya angka pertumbuhan lalu lintas, sehingga direncanakan ulang fly over dengan lebar total 30 meter dibatasi median dengan masing-masing lebar 15 meter.
Pada penulisan tugas akhir ini penulis memodifikasi desain awal fly over Kandangan yang awalnya dengan konstruksi pilar disetiap bentangnya, dirubah menjadi timbunan tanah dengan alasan biaya timbunan lebih ekonomis daripada konstruksi pilar jembatan. Berdasarkan hasil pengujian SPT dari tanah dasar hingga kedalaman rata-rata 10 m, jenis tanah didominasi oleh lanau berlempung dengan konsistensi lunak (soft). Oleh karena jenis tanah sangat mempengaruhi daya dukung tanah dalam menerima beban, maka direncanakan alternatif bentuk timbunan oprit serta perkuatan tanah timbunan dan perbaikan tanah dasarnya.
Dua alternatif bentuk timbunan yang dibandingkan yaitu timbunan bersisi tegak dan bersisi miring. Dalam perencanaan perkuatan oprit bersisi tegak akan dibandingkan dua alternatif perkuatan antara lain : geotextile wall reinforcement kombinasi dengan flat sheet-pile concrete, dan geogrid wall reinforcement kombinasi dengan keystone wall. Sedangkan untuk perencanaan perkuatan oprit bersisi miring akan dibandingkan dua alternatif perkuatan antara lain : geotextile slope reinforcement dan cerucuk berupa micropile beton.
Abutment direncanakan dengan kestabilan konstruksi harus ditinjau terhadap pengaruh gaya-gaya eksternal yang dapat menyebabkan keruntuhan guling, keruntuhan geser, dan keruntuhan daya dukung tanah, maupun terhadap gaya-gaya internal yang dapat menyebabkan pecahnya konstruksi. Apabila abutment tidak memenuhi maka daya dukungnya harus direncanakan pondasi dalam berupa tiang pancang.
Hasil dari perhitungan total biaya konstruksi pada perencanaan oprit didapatkan diantaranya untuk oprit bersisi tegak dengan alternatif perkuatan geotextile kombinasi sheet-pile adalah Rp. 86.280.857.674,34 dan untuk alternatif perkuatan geogrids kombinasi keystone-wall adalah Rp. 73.797.613.851,84. Sedangkan untuk oprit bersisi miring dengan alternatif perkuatan geotextile adalah Rp. 103.183.365.174,93 dan untuk alternatif perkuatan micropile adalah Rp. 134.243.009.394,93. Maka dipilih alternatif timbunan dan perkuatan yang paling efektif dari segi biaya, pelaksanaan, dan hemat ruang sehingga oprit bersisi tegak dengan perkuatan geogrids kombinasi keystone-wall adalah yang paling sesuai. Sedangkan untuk abutment direncanakan dengan lebar melintang 32,725 m dan tinggi total 12,530 m. Dimensi pilecap 32,725 m x 6,5 m. Pondasi dalam dipakai tiang pancang PC Spun Pile diameter 60 cm berjumlah 84 buah dengan dipancang kedalaman 42 m dari OGL.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Fly over, Oprit, Timbunan bersisi miring, Timbunan bersisi tegak, Geotextile, Geogrid, Sheet-pile, Keystone wall, Micropile, Abutment.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA455.S6 Soil (Materials of engineering and construction)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA681 Concrete construction
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA749 Soil stabilization
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA775 Foundations.
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
T Technology > TF Railroad engineering and operation > TF270 Railway structures and buildings
T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: pungky aditya rindy saputra
Date Deposited: 21 Jun 2021 02:20
Last Modified: 26 Mar 2024 04:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54352

Actions (login required)

View Item View Item