Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Lingkungan Untuk Mendukung PROPER Pada Unit PLTU UBJOM PT PJB

Karim, Ajrun (2018) Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Lingkungan Untuk Mendukung PROPER Pada Unit PLTU UBJOM PT PJB. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211650015030-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
09211650015030-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

PROPER (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup) adalah Program yang digagas Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sejak 1994 untuk memastikan keberlangsungan pembangunan yang berwawasan lingkungan. PT PJB sebagai Operator Pembangkit Listrik juga mengikuti Program PROPER ini sejak 2002 untuk unit eksisting dan sejak 2013-2014 bagi Unit Bisnis JOM yang tergabung dalam FTP-1 (Fast Track Program). Hasil Evaluasi PROPER berupa penilaian dengan 5 tingkatan yaitu (mulai terbaik sampai dengan terburuk) : Emas, Hijau, Biru, Merah & Hitam. Emas & Hijau merupakan “beyond compliance” atau melampaui persyaratan yang diminta (persyaratan standar). Biru menjadi target kinerja bagi unit pembangkit PJB yang visinya diantaranya “Ramah Lingkungan” ini. Merah dan Hitam merupakan representasi ketidakpatuhan pada regulasi lingkungan yang ada, dimana Hitam bisa berpotensi dituntut secara pidana di Pengadilan. Untuk itu Biru menjadi target Kinerja minimal yang harus dicapai. Untuk itu perlu adanya suatu program terobosan dengan melakukan implementasi Internal Self Assesment dengan menggunakan Tools yang dikembangkan dengan pola pikir Capability Maturity Model (5 tingkatan: Initial, Managed, Define, Quantatively Managed, Optimizing) pada Kriteria PROPER PerMenLH No. 3 Tahun 2014. Diharapkan Kinerja PROPER di unit kerja bisa diidentifikasi sejak awal sehingga bila ada gap/ kekurangan segera bisa dilakukan perbaikan. Penggunaan Tools ini pada awal semester ganjil yang merupakan awal periode penilaian pada semester ke-2, sehingga setelah dilakukan evaluasi masih ada waktu untuk melakukan upaya perbaikan. Penelitian ini fokus untuk mengidentifikasi dan merancang Key Enviromental Performance Indicator (KEPI), melakukan pembobotan KEPI-nya dengan Analytical Hierarchy Process (AHP), mengukur KEPI-nya, dan memberikan rekomendasi perbaikan kinerja lingkungannya.

Kata kunci: Analytical Hierarchy Process (AHP); Environmental Performance System; Integrated Enviromental Performance Measurement System (IEPMS); KEPI

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: KEPI, Environmental Performance, PROPER, Integrated Enviromental Performance Measurement System (IEPMS), Analytical Hierarchy Process (AHP)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD31 Management--Evaluation
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: AJRUN KARIM
Date Deposited: 21 Jun 2021 01:51
Last Modified: 21 Jun 2021 01:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54362

Actions (login required)

View Item View Item