Perencanaan Jalan alternatif Dengan Menggunakan Perkerasan Lentur pada Ruas Jalan Kabupaten Pamekasan - Sumenep STA 138+900 - STA 143+900 Provinsi Jawa Timur

Nailil M N, Ganjar (2018) Perencanaan Jalan alternatif Dengan Menggunakan Perkerasan Lentur pada Ruas Jalan Kabupaten Pamekasan - Sumenep STA 138+900 - STA 143+900 Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of TA D4.pdf]
Preview
Text
TA D4.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Jalan merupakan akses transportasi yang sering digunakan masyarakat untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Keberadaan jalan raya sangat diperlukan untuk menunjang laju pertumbuhan ekonomi seiring dengan meningkatnya kebutuhan sarana transportasi yang dapat menjangkau daerah-daerah terpencil yang merupakan sentra produksi pertanian. Pemerintah Provinsi Jawa Timur berupaya untuk membangun ruas jalan baru sebagai upaya meningkatkan sarana dan prasarana transportasi di Jawa Timur. Sumenep merupakan salah satu daerah yang membutuhkan peningkatan sarana dan prasarana transportasi berupa akses jalan raya. Berdasarkan kondisi eksisting yang ada, diperlukan perencanaan jalan dan saluran tepi drainase yang baik pada ruas jalan Pamekasan - Sumenep. Ruas ini merupakan jalan akses jalan satu-satunya dari kabupaten Pamekasan menuju kabupaten Sumenep, meningkatnya volume kendaraan pada waktu tertentu memicu ketidak efektifan fungsi kapasitas jalan. Jalan eksisting diketahui sepanjang 5 Km, dengan perencanaan jalan untuk Tugas Akhir ini jalan direncanakan sepanjang 4,808 Km. Hal tersebut merupakan faktor penting dalam perencanaan jalan alternative pada tugas akhir ini.
Mengacu dari latar belakang di atas tugas akhir ini khususnya perencanaan geometrik jalan dengan digunakan literatur tata cara perencanaan jalan antar kota tahun 1997, perhitungan analisis kapasitas jalan dengan metode Manual kapasitas Jalan Indonesia(MKJI) 1997 jalan perkotaan. Perencanaan tebal perkerasan struktur perkerasan lentur dengan menggunakan metode SNI 1723-1989-F sesuai petunjuk DPU Bina Marga dalam buku Perencanaan Tebal Struktur Perkerasan Lentur oleh Silvia Sukirman. Perencanaan saluran tepi jalan (drainase) berdasarkan SNI 03-3424-1994. Perhitungan rencana anggaran biaya menggunakan Standard Satuan Harga Dasar Konstruksi dan Analisis Harga Satuan Pekerjaan Peraturan Menteri PU no. 28 Tahun 2016.
Hasil perencanaan ruas jalan kabupaten Sumenep STA 138+900 s/d STA 143+900 didapat alinyemen geometrik datar dengan lebar jalan 7 meter dan bahu jalan 2 meter. Ruas jalan ini membutuhkan lapis perkerasan AC-WC sebesar 5 cm dan lapis perkerasan AC-BC sebesar 6 cm. Perencanaan saluran tepi (drainase) berbentuk trapesium menggunakan bahan dari pasangan batu kali. Saluran tepi (drainase) menggunakan lebar dasar saluran sebesar 0.5 meter dan tinggi saluran 0.5 meter. Total estimasi biaya Rp 51.871.187.000,- terbilang :“Lima Puluh Satu Milyar Delapan Ratus Tujuh Puluh Satu Juta Seratus Delapan Puluh Tujuh Ribu Rupiah” ============================================================
Road is a transportation acces used by the community for daily activity. The existence of a highway is necessary to support the rate of economic growth along to the increasing of transportation facilities that can reach corner place that are agricultural production center. The government of East Java seeks to build new road as an effort to improve transportation facilities and infrastructure in East Java. Sumenep is one of areas that require the improvement of transportation facilities and infrastructure such as access road. Based on the existing condition, a good road and drainage planning are needed on Pamekasan – Sumenep road. This section is the only access from Pamekasan to Sumenep, the increasing of vehicle volume at certain time trigger ineffective function of road capacity. the existing road is known to be 5 km long, with road planning for this final project is 4,808 Km. This is an important factor in planning alternative roads in this final project.
This final project concentrates on designing the road geometric based on the intercity-road planning procedure in 1997, the assessment to road capacity analysis with ‘Manual Kapasitas Jalan Indonesia’ (MKJI) methods in 1997. Flexible pavement thickness using SNI 1723-1989-F methods based on DPU Bina Marga in “Perencanaan Tebal Struktur Perkerasan Lentur” book by Silvia Sukirman. Drainage planning based on SNI 03-3424-1994. Budget cost using standard “Satuan Harga Dasar Konstruksi dan Analisis Harga Satuan Pekerjaan Peraturan Menteri PU no. 28 Tahun 2016”.
The result of the road from STA 138+900 to STA 143+900 is the geometric alignments were 7 meters road width, and side road were 2 meters. The road needs the AC-WC pavements of 5 cm and AC-BC pavements of 6 cm. The form of drainage is a trapezoidal using river stone. The base of drainage width is 0.5 meters and the height is 0,5 meters. The total of cost estimation is Rp 51.871.187.000 (fifthty one billion and eight hundred seventy one million and one hundred eighty seven thousand rupiahs)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Jalan, Tebal Perkerasan, Dimensi Saluran, RAB
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Ganjar Nailil M N
Date Deposited: 12 Jul 2021 21:43
Last Modified: 12 Jul 2021 21:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54830

Actions (login required)

View Item View Item