Perancangan Rumah Kos di Sutorejo, Surabaya dan Gambar Kerja Renew Build Villa Mandiri 01 di Tretes, Pasuruan

Qurrotaa'yun, Ibda Zhurifah (2018) Perancangan Rumah Kos di Sutorejo, Surabaya dan Gambar Kerja Renew Build Villa Mandiri 01 di Tretes, Pasuruan. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111770010020-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
08111770010020-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (20MB) | Preview

Abstract

Surabaya, memiliki berbagai sarana dan prasarana penunjang kehidupan yang sangat beragam dan lengkap. Banyak warga dari berbagai daerah datang ke Surabaya dengan tujuannya masing – masing. Akibatnya, kebutuhan akan hunian terus meningkat yang berdampak pada semakin padatnya pemukiman yang ada. Salah satu contoh nyata terlihat pada kawasan pemukiman di Surabaya Timur yang saat ini sangat padat akibat pembangunan rumah kos untuk para mahasiswa dari luar Surabaya yang kuliah di perguruan tinggi di sekitar kawasan tersebut. Dampak buruk dari kepadatan ini terlihat pada kualitas ruang pada rumah kos yang buruk akibat dari kurangnya pencahayaan dan pengudaraan alami serta kurangnya sosialisasi antar penghuni kos. Oleh karena itu, untuk menjawab kebutuhan akan sebuah ruang yang berkualitas adalah dengan pembangunan rumah kos dengan konsep yang mengutamakan kenyamanan. Selain itu, konsep bangunan yang diangkat adalah split level dengan penggunaan material “terang dan natural”. Dengan demikian, terciptalah rumah kos yang nyaman yang memiliki keunikannya tersendiri.
Tretes merupakan sebuah daerah wisata pegunungan yang berada di Kabupaten Pasuruan. Terkait hal tersebut, dibutuhkan wadah yang bersifat akomodatif dan rekreatif yang menyediakan kebutuhan para pengunjungnya untuk beristirahat dan melakukan aktifitas rekreasi, seperti villa. Mandiri, sebuah perusahaan bank milik Pemerintah Indonesia, sudah cukup lama memiliki villa di daerah Tretes yang dibangun dengan menggunakan bahan dasar kayu. Villa tersebut tidak diperuntukkan untuk umum, hanya diperuntukkan untuk hal – hal yang menyangkut perusahaan. Karena umur villa tersebut yang sudah cukup lama dan juga keadaan kayu yang sudah mulai lapuk, maka dilakukanlah renovasi dengan membongkar keseluruhan bangunan. Dengan mengutamakan konsep kenyamanan, kayu yang sudah lapuk diganti dengan teknologi bahan yang telah berkembang di pasaran agar villa tersebut tahan lama dan tetap berfungsi dengan baik namun tetap mempertahankan identitas yang lama yang mana bangunan mengadopsi style ala rumah besar di Eropa.
==========================================================
Surabaya, has various facilities and infrastructure of life support that is very diverse and complete. Many residents from various regions come to Surabaya with their respective goals. As a result, the need for shelter continues to increase which affects the increasing density of existing settlements. One obvious example is seen in residential areas in East Surabaya which is currently very dense due to the construction of boarding houses for students from outside Surabaya who study at universities around the area. The adverse effects of this density are evident in the poor quality of rooms in boardinghouses resulting from the lack of natural exposure and lighting and the lack of socialization among boarders. Therefore, to answer the need for a quality space is to build a boarding house with a concept that prioritizes comfort. In addition, the concept of a raised building is split level with the use of "light and natural" material. Thus, created a comfortable boarding house that has its own uniqueness.
Tretes is a mountain resort area located in Pasuruan. Related to that, it takes an accommodative and recreative container that provides the needs of its visitors to rest and perform recreational activities, such as villas. Mandiri, a government company owned by the Government of Indonesia, has long owned a villa in the Tretes area built using wood base materials. The villa is not intended for the public, only for things related to the company. Due to the age of the villa which is long enough and also the condition of wood that has begun to decay, then renovation done by dismantling the whole building. By prioritizing the concept of comfort, rotting wood is replaced with technology materials that have been developed in the market for the villa is durable and still functioning well but retaining the old identity which the building adopts the style of the big house in Europe.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: hunian, split level, kenyamanan, renovasi, villa
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
N Fine Arts > NA Architecture > NA7115 Domestic architecture. Houses. Dwellings
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Architecture > 23101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Ibda Zhurifah Qurrotaa'yun
Date Deposited: 24 Jun 2021 01:30
Last Modified: 24 Jun 2021 01:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/54909

Actions (login required)

View Item View Item