Analisa usabilitas dan perancangan petunjuk penggunaan (user manual) efektif fan efisien

Anggraeni, Krida Dwi (2018) Analisa usabilitas dan perancangan petunjuk penggunaan (user manual) efektif fan efisien. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411440000088-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
02411440000088-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan tekhnologi saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, baik dari segi barang elektronik maupun informasi. Banyak dari produk yang tergantikan fungsinya dalam perkembangan teknologi ini. Salah satunya yakni petunjuk penggunaan. Petunjuk penggunaan merupakan salah satu kelengkapan yang wajib ada dalam suatu produk elektronik dan telekomunikasi. Hal ini tercantum dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 19/M-DAG/PER/5/2009 tentang Pendaftaran Petunjuk Penggunaan (user manual). Namun pada saat ini, orang sudah jarang dalam penggunaan buku petunjuk penggunaan jarang menggunakan petunjuk penggunaan. Hal ini dikarenakan mudahnya untuk mendapatkan informasi mengenai hal-hal yang diperlukan dari internet, baik dari website resmi maupun website diskusi. Padahal penggunaan dokumen tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Untuk itulah penelitian usabilitas dokumen ini perlu dilakukan agar dapat diketahui desain seperti apakah yang sebaiknya digunakan. Pada penelitian ini dilakukan untuk menganalisa usabilitas pada dokumen. Dokumen yang digunakan pada penelitian ini merupakan dokumen Petunjuk Penggunaan (User Manual). User Manual yang digunakan merupakan user manual dari sembilan merek mesin cuci yang dipasarkan di Indonesia. Selanjutnya, akan dilakukan pengambilan data untuk lima bagian dari keseluruhan buku petunjuk penggunaan menggunakan kuesioner. Dari data yang didapatkan analisa untuk setiap bagian petunjuk penggunaan. Hasil dari analisa tersebut didapatkan buku petunjuk penggunaan yang mudah dipahami adalah buku petunjuk penggunaan yang memiliki kalimat yang cenderung singkat dan jelas. Selain itu, buku penggunaan juga dilengkapi dengan gambar yang jelas dan simbol-simbol yang membantu pemahaman pengguna.
===========================================================================================================
The development of technology today has become part of everyday life, both in terms of electronic goods and information. Many of the products are replaced in function by the development of this technology. One of them is the usage instructions. The usage manual is one of the must-have tools in an electronic and telecommunication product. This is stated in regulation of the Minister of Trade No. 19/M-DAG/PER/5/2009 concerning User Guide Registration. However at this time, people are rarely in the use of the user manual. This is because it is easy to get information about the things that are required from the internet, both from the official website and discussion website. Whereas the use of documents can not be separated from everyday life. For that reason, the study of reusability of this document needs to performed in order to know what kind of design should be used. In this study conducted to analyze the reusability of the document. The document used in this study is a User Manual document. User Manual used is a user manual of nine brands of washing machines that are marketed in Indonesia. Furthermore, there will be data retrieval for five sections of the entire user manual using the questionaire. From the data obtained the analysis for each section of the usage manual. The results of the analysis obtained an user manual that is easy to understand is a user manual that has a sentence that tends to be short and clear. In addition, the usage book also comes with clear images and symbols that help the user understanding.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 005.74 Ang a-1 3100018078030
Uncontrolled Keywords: Usability, usability analysis, usability for document, user manual
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB801 Consumer behavior.
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Krida Dwi Anggraeni
Date Deposited: 20 Nov 2020 22:00
Last Modified: 07 Dec 2020 04:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55289

Actions (login required)

View Item View Item