Dampak lalu lintas berat dengan muatan berlebihan terhadap umur rencana akses jalan tol Suramadu sisi Madura

Andiasti, Laras Raditia (2018) Dampak lalu lintas berat dengan muatan berlebihan terhadap umur rencana akses jalan tol Suramadu sisi Madura. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111410000057-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
10111410000057-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Akses jalan Tol Suramadu sisi Madura memiliki panjang 11,5 km yang perkerasan jalannya menggunakan perkerasan fleksibel. Jalan akses sisi Madura struktur perkerasaan pada jalan ini hampir seluruhnya terletak pada tanah timbunan, dengan material batu pecah sebagai base course dan aspal beton sebagai lapisan permukaannya, yang didesain dengan umur rencana sepuluh (10) tahun. Dengan pertumbuhan arus lalu lintas yang pesat akhir-akhir ini telah menimbulkan masalah sendiri di Akses Jalan Tol Suramadu pada sisi Madura, terutama lalu lintas kendaraan berat angkutan barang yang terdiri dari truck bergandar tunggal maupun yang bergandar lebih dari satu, sehingga akan adanya penurunan umur rencana jalan.
Terlepas dari mutu bahan dan pelaksanaan pekerjaan yang belum memenuhi syarat, dalam tugas akhir ini penulis menganalisa besarnya Equivalent DemageFactor (EDF) aktual dengan dengan menggunakan data WIM (Weight in Motion) pada Akses Jalan Tol Suramadu khususnya sisi Madura. Dari analisa perhitungan dengan menggunakan metode tersebut didapat tebal perkerasan tambahan (overlay) yang harus ditambahkan pada umur jalan kelima tahun dan kesepuluh tahun.
Berdasarkan analisis perhitungan pada tugas akhir ini diketahui bahwa pengaruh paling besar atas kerusakan disebabkan oleh jenis kendaraan truck besar 1,2H, sehingga harus dilakukannya penambahan perkerasan jalan (overlay). Dan dapat disimpulkan jalan akses ini tidak dapat memenuhi umur rencana sebesar 10 tahun. Dan bila ingin tetap dapat memenuhi umur rencana harus dilakukan penambahan perkerasan jalan setebal 6 cm untuk ruas Madura-Surabaya dan 4 cm untuk ruas Surabaya Madura. ==============================================================================================================
Access Suramadu toll road side of Madura has a length of 11.5 km with road pavement using flexible pavement. The Madurese side access road to the road access structure is almost entirely located on a pile of soil, with crushed stone material as the base course and concrete asphalt as its surface layer, designed with ten (10) year lifespan. With the rapid growth of traffic flow lately has caused its own problems in the Suramadu Toll Road Access on the Madura side, especially heavy vehicle traffic of goods consisting of single-and-axle trucks that rely more than one so that there will be a decline in the life of the road plan.
Regardless of the quality of materials and the implementation of work that has not been qualified, in this thesis the authors analyze the actual Equivalent Demage Factor (EDF) by using data WIM (Weight in Motion) on Suramadu Toll Road Access on the Madura side. From the calculation analysis using the method obtained thickness of the additional pavement (overlay) which must be added on the age of the fifth and tenth years.
Based on the calculation analysis on this final task note that the greatest influence on the damage caused by the type of large truck vehicle 1.2 H, so it must be done addition of pavement (overlay). And it can be concluded that this access road can not meet the age of the plan for 10 years. And if you want to still be able to meet the age of the plan should be done the addition of paved road 6 cm thick for the segment of Madura-Surabaya and 4 cm for the Surabaya Madura segment.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIS 625.7 And d-1 3100018077322
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : perkerasan fleksibel, umur rencana, EDF, WIM
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D3)
Depositing User: Laras Raditia Andiasti
Date Deposited: 18 Nov 2020 05:20
Last Modified: 07 Dec 2020 03:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55295

Actions (login required)

View Item View Item