Analisis Fluktuasi Nilai Tukar USD Terhadap Yen Atas Pinjaman Mata Uang Asing Pada Industri Gas Dengan Pendekatan Model GARCH

Putra, Rizki Ramadhan Raditya (2018) Analisis Fluktuasi Nilai Tukar USD Terhadap Yen Atas Pinjaman Mata Uang Asing Pada Industri Gas Dengan Pendekatan Model GARCH. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411440000123_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
02411440000123_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka pengembangan suatu bisnis perusahaan, perusahaan memerlukan biaya pendanaan untuk melakukan pengembangan tersebut. Salah satu sumber pendanaan selain berasal dari dana sendiri adalah pendanaan yang berasal dari dana pinjaman. Dana pinjaman yang dilakukan pada jumlah tertentu bisa saja mempengaruhi tingkat pengembalian yang diperoleh perusahaan. Dana pinjaman pada umumnya berasal dari bank komersial, baik bank yang berada di dalam negeri maupun bank yang berada di luar negeri. Saat ini, banyak perusahaan yang menggunakan pinjaman luar negeri salah satunya karena memiliki cost of fund yang rendah. Namun di samping memiliki cost of fund yang rendah, pinjaman dari bank luar negeri memiliki risiko karena adanya perbedaan mata uang asing yang digunakan pada transaksi perusahaan dalam hal ini adalah pendapatan, dengan mata uang yang digunakan untuk membayar kembali pinjaman baik bunga dan pokoknya.
PT X salah satu perusahaan yang menggunakan pinjaman luar negeri, Untuk dapat memenuhi permintaan gas domestik di masa mendatang, PT X berencana menambah jaringan pipa distribusi gas. Untuk itu dibutuhkan dana yang tidak sedikit sehingga PT X melakukan pinjaman kepada salah satu bank yang berasal dari Jepang yaitu JBIC. PT X melakukan pinjaman jangka panjang yang akan jatuh tempo pada tahun 2043. Pinjaman yang dilakukan menggunakan mata uang Yen namun mata uang yang digunakan pada PT X menggunakan mata uang USD. PT X menyadari adanya risiko tersebut dan membutuhkan analisis yang terkait dengan prediksi fluktuasi nilai tukar USD terhadap Yen di masa mendatang. Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis pergerakan nilai tukar lima tahun mendatang yaitu dari tahun 2018 hingga tahun 2023 dengan menggunakan model GARCH. Pergerakan nilai tukar ini nantinya akan disesuaikan dengan tanggal jatuh tempo pembayaran kepada Bank Jepang. Hasil peramalan yang didapat, dapat dijadikan gambaran pergerakan nilai tukar USD terhadap Yen terhadap peminjaman yang dilakukan.
========================================================================================================
To develop a company business, the company needs funding costs to do the development. One source of funding other than derived from own funds is funds derived from loan funds. Loans made in a certain amount may affect the rate of return received by the company. Loan funds generally come from commercial banks, both domestic and foreign banks. Currently, many companies use foreign loans one of them because it has a low cost of funds. But in addition to having low cost of funds, foreign bank loans are at risk because the foreign currency difference used in corporate transactions in this case is income, with the currency used to pay back the loan both interest and principal.
PT X one of the companies that use foreign loans, To be able to meet domestic demand for gas in the future, PT X plans to add gas distribution pipeline network. For that it takes a lot of funds for a loan PT X to one of the banks that come from Japan is JBIC. PT X makes long-term loans that will mature in 2043. Loans made using the Yen currency but the currency used in PT X uses USD currency. PT X is aware of these risks and requires analysis related to the predicted fluctuations of the USD exchange rate against the Yen in the future. This final assignment research aims to analyze the exchange rate movement of the next five years from 2018 to 2023 using the GARCH model. This exchange rate movement will be adjusted to the due date of payment to the Bank of Japan. Forecasting results obtained, can be used for the movement of the exchange rate of USD against the yen against borrowing done.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSl 519.85 Put a-1 3100018078375
Uncontrolled Keywords: Pinjaman luar negeri, Bank JBIC, Fluktuasi Nilai Tukar, Model GARCH.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Q Science
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rizki Ramadhan Raditya Putra
Date Deposited: 18 Nov 2020 04:49
Last Modified: 03 Dec 2020 06:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55481

Actions (login required)

View Item View Item