Rancang Bangun Self Balancing Bike Menggunakan Giroskop Tunggal Dengan Orientasi Horizontal

Setyawan, Yunico Rixy (2018) Rancang Bangun Self Balancing Bike Menggunakan Giroskop Tunggal Dengan Orientasi Horizontal. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111340000092-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
02111340000092-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Giroskop merupakan suatu perangkat untuk mengukur atau mempertahankan orientasi yang berlandaskan pada prinsip – prinsip momentum sudut. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk merancang self balancing bike menggunakan giroskop tunggal dengan orientasi horizontal. Selain itu, kecepatan sudut giroskop yang dibutuhkan untuk membuat self balancing bike berdiri pada keadaan setimbang serta kecepatan sudut yang dibutuhkan untuk menyetimbangkan dari kemiringan 30° ditentukan berdasarkan perhitungan matematis dan pengujian.
Komponen self balancing bike ini menggunakan motor listrik DC brushless serta piringan yang berfungsi untuk menghasilkan momentum angular guna menyeimbangkan sistem dua roda segaris agar tidak terjatuh. Untuk membuat sistem giroskop pada sistem dua roda segaris berfungsi maka perhitungan momentum angular yang dihasilkan motor dan piringan harus disesuaikan dengan gaya yang dihasilkan ketika sistem dengan dua roda segaris berada pada kondisi miring. Selain itu, peletakan dari giroskop sendiri harus disesuaikan supaya sedekat mungkin dengan pusat massa sistem dua roda segaris supaya momentum yang dihasilkan dapat menyetimbangkan sistem dua roda segaris dengan maksimal.
Pada penelitian ini rancangan self balancing bike menggunakan giroskop tunggal dengan orientasi horizontal yang diperoleh memiliki massa total sebesar 3,865 kg. Giroskop sendiri memiliki massa sebesar 1,246 kg dengan jari – jari sebesar 20 cm dan inersia sebesar 0,00809 kgm2. Sistem self balancing bike menggunakan motor listrik dengan spesifikasi kecepatan sudut sebesar 24.790 dengan voltase 7,4 V (3350 rpm/V) dan electronic speed controller dengan spesifikasi 65 A. Kecepatan sudut motor listrik pada kondisi terbebani giroskop hanya mampu berputar dengan kecepatan sudut sebesar 3000 rpm. Hasil dari pengujian diperoleh bahwa self balancing bike dapat stabil pada posisi setimbang dengan kecepatan sudut 3000 rpm, namun tidak dapat dikenai eksitasi berlebih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yunico Rixy Setyawan
Date Deposited: 28 Jun 2021 02:55
Last Modified: 28 Jun 2021 02:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55670

Actions (login required)

View Item View Item