Perencanaan Perbaikan Tanah Dasar Dan Perkuatan Stabilitas Timbunan Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang Sta 46+900 S.D Sta 51+100

Nugroho, Muhammad Fismayana (2018) Perencanaan Perbaikan Tanah Dasar Dan Perkuatan Stabilitas Timbunan Jalan Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang Sta 46+900 S.D Sta 51+100. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111440000097-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03111440000097-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (27MB) | Preview

Abstract

Kebutuhan infrastruktur untuk transportasi merupakan hal yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan pembangunan ekonomi. Dengan adanya infrastruktur untuk transportasi yang baik, kegiatan-kegiatan sektor ekonomi lainnya akan tumbuh dan berkembang. Jalan tol Trans-Sumatera merupakan salah satu infrastruktur transportasi yang direncanakan pemerintah untuk meningkatkan ekonomi negara dan mengembangkan wilayah serta meningkatkan mobilitas dan aksesibilitas. Lokasi jalan tol ini memiliki ketebalan tanah lempung lunak yang bervariasi dan pada beberapa lokasi rawa memiliki ketinggian air tanah yang berbeda - beda. Oleh sebab itu, di lokasi tersebut perlu dilakukan perbaikan tanah dasar dan diberi perkuatan untuk meningkatkan stabilitas timbunannya.
Pengumpulan data dilakukan untuk merencanakan perbaikan tanah dasar dan perkuatan stabilitas timbunan. Perencanaan yang ada untuk perbaikan tanah dasar akan menggunakan Prefabricated Vertical Drain (PVD) dan alternative Geotextile dan Geotextile-Encased Stone Column (GESC) untuk meningkatkan stabilitas timbunan.
Dalam perencanaannya terdapat 12 titik Stationing (STA) yang akan ditinjau yaitu STA 47+225, STA 47+700, STA 48+032, STA 48+266, STA 48+363, STA 48+552, STA 48+970, STA 49+259, STA 49+700, STA 50+041, STA 50+500, serta STA 50+948. Setiap STA yang ditinjau diwakili oleh tanah dasar yang berada disekitarnya. Prefabricated Vertical Drain (PVD) yang direncanakan menggunakan pola segitiga pada seluruh STA dengan tinggi timbunan awal bervariasi dengan menggunakan spesifikasi CT- D812. Kemudian untuk Geotextile yang digunakan memiliki spesifikasi UW-250 Serta Geotextile Encased Stone Column (GESC) akan direncanakan menggunakan Geotextile dengan spesifikasi UW- 250 dan kolom batu pecah dengan diameter 1 m untuk semua STA yang memerlukan perkuatan.
Dari hasil perencanaan dan perhitungan biaya didapatkan alternatif yang paling optimum yaitu alternative PVD dengan Geotextile untuk STA 47+700, 48+266, STA 48+363, STA 48+552, dan STA 49+259. Serta Geotextile Encased Stone Column (GESC untuk STA 49+700, STA 50+041, dan STA 50+500.
==========================================================The need for infrastructure for transportation is very important in supporting the success of economic development. With the infrastructure for good transportation, other economic sector activities will grow and develop. The Trans-Sumatera toll road is one of the transportation infrastructure planned by the government to improve the country's economy and develop the region and improve mobility and accessibility. The location of this highway has varying soft clay soil thickness and in some swamp locations have different groundwater levels. Therefore, in those locations it is necessary to improve the ground and be strengthened to improve the stability of the pile.
Data collection was undertaken to plan ground basin improvement and reinforcement of embankment stability. Existing planning for basic soil improvement will use Prefabricated Vertical Drain (PVD) and alternative Geotextile and Geotextile-Encased Stone Column (GESC) to improve the stability of the embankment.
In planning there are 12 point Stationing (STA) to be reviewed which are STA 47 + 700, STA 48 + 032, STA 48 + 266, STA 48 + 363, STA 48 + 552, STA 48 + 970, STA 49 +259, STA 49 + 700, STA 50 + 041, STA 50 + 500, and STA 50 + 948. Each STA reviewed is represented by the surrounding ground. Prefabricated Vertical Drain (PVD) which is planned to use a triangle pattern on all STAs with initial heap height varies by using CT-D812 specification. Then for Geotextile used UW-250 Specification And Geotextile Encased Stone Column (GESC) will be planned using Geotextile with UW-250 specification and stone break column with diameter 1 m for all STA that require reinforcement.
From result of planning and cost calculation got the most optimum alternative that is alternative PVD with Geotextile for STA 47 + 700, 48 + 266, STA 48 + 363, STA 48 + 552, and STA 49 + 259. As well as Geotextile Encased Stone Column (GESC for STA 49 + 700, STA 50 + 041, and STA 50 + 500.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perbaikan Tanah Dasar, Prefabricated Vertical Drain (PVD), Geotextile, Geotextile-Encased Stone Column (GESC), Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA749 Soil stabilization
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: MUHAMMAD FISMAYANA NUGROHO
Date Deposited: 28 Jun 2021 07:03
Last Modified: 28 Jun 2021 07:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55723

Actions (login required)

View Item View Item