Desain Interior Kapal Pesiar KM Kelimutu dengan Implementasi Kain Tenun sebagai Media Promosi Wisata Indonesia Timur

Larisya, Anindita I. (2018) Desain Interior Kapal Pesiar KM Kelimutu dengan Implementasi Kain Tenun sebagai Media Promosi Wisata Indonesia Timur. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08411440000055_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
08411440000055_Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Indonesia yang merupakan negara kepulauan (17.508 pulau) merupakan negara kepulauan terbesar dan memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia. Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki berbagai suku bangsa dari Sabang sampai Merauke. Pada daerah Indonesia timur, banyak wilayah dengan budaya menarik yang belum banyak diekspos. Pada kenyataannya, suku bangsa di setiap wilayah Indonesia timur memiliki seni tradisional masing-masing dan memiliki nilai keindahan tersendiri. Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki potensi maritim dan kelautan yang begitu besar dan dapat dimanfaatkan dalam sektor pariwisata, khususnya wisata bahari

Kapal penumpang KM Kelimutu adalah armada kapal dari PT. PELNI yang butuh di modifikasi ulang agar dapat terus beroperasi. Kapal penumpang KM Kelimutu akan di modifikasi menjadi kapal pesiar yang beroperasi di dalam negri. Hal ini diupayakan melihat kondisi wisata bahari di dalam negri yang sedang berkembang. Fasilitas yang disediakan merupakan fasilitas standar yang wajib ada pada kapal penumpang ditambahi dengan beberapa fasilitas hiburan tambahan. Rute yang akan di jangkau oleh kapal KM Kelimutu berada di daerah Indonesia timur.

Setelah melakukan pengumpulan dan analisa data, penulis merumuskan konsep desain yang akan memberi solusi untuk beberapa permasalahan yang ada pada kapal penumpang KM Kelimutu. Konsep yan dihasilkan adalah perancangan interior dengan judul “Desain Interior Kapal Pesiar KM Kelimutu dengan Implementasi Kain Tenun sebagai Media Promosi Wisata Indonesia Timur”. Konsep Implementasi Kain Tenun diangkat sebagai inti dari desain yang akan diterapkan pada kapal penumpang KM Kelimutu. Dalam desain keseluruhan akan diterapkan langgam kontemporer berdasarkan dari perpaduan antar konsep suku dan desain pada era sekarang.

Kata Kunci; Wisata Bahari, Tenun, Kapal Pesiar

===============================================================================================Indonesia, an archipelagic country (17,508 islands) is the largest archipelagic country in the world and has the second longest coastline. Indonesia as an archipelagic country has various tribes from Sabang to Merauke. Particularly, in eastern Indonesia, many areas with interesting cultures have not been widely exposed. In fact, ethnic groups in every eastern part of Indonesia have their own traditional arts and have their own beauty values. Indonesia as an archipelagic country that has various marine potentials that can be utilized in the tourism sector, especially marine tourism.

Kelimutu passenger ships are fleets from PT. PELNI that needs to be remodified in order to continue operating. KM Kelimutu passenger ship will be modified into a cruise ship operating in Indonesia. This matter is attempted looking upon the condition of marine tourism which is developing well in the country. The facilities provided are standard facilities that are mandatory on passenger ships plus some additional entertainment facilities. The route Kelimutu passenger ship will take on is located in the eastern part of Indonesia.

After collecting and analyzing data, the author formulated a design concept that would give a solution to some of the problems that existed on Kelimutu passenger ship. The concept produced is interior design with the title "Kelimutu Cruise Ship Interior Design with The Implementation of Woven Fabric As A Promotion Media For East Indonesia Tourism". The concept of Woven Fabric Implementation is adopted as the core of the design that will be applied to Kelimutu passenger ships. In the overall design, contemporary styles will be applied based on the combination of tribal concepts and designs in the present era.

Key Words; Marine Tourism, Woven Fabric, Cruise Ship

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDI 747.79 Lar d-1 2018
Uncontrolled Keywords: Wisata Bahari, Tenun, Kapal Pesiar, Marine Tourism, Woven Fabric, Cruise Ship
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115.5.F77 Furniture
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115 Interior decoration
V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VK
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Anindita Ilina Larisya
Date Deposited: 15 Jul 2021 23:40
Last Modified: 15 Jul 2021 23:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55794

Actions (login required)

View Item View Item