Pengembangan model dan skenario untuk konservasi energi listrik dengan menggunakan sistem dinamik (studi kasus : Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya)

Sumule, Mauren Natali (2018) Pengembangan model dan skenario untuk konservasi energi listrik dengan menggunakan sistem dinamik (studi kasus : Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211050010010 - Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
05211050010010 - Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Energi listrik merupakan salah kebutuhan utama manusia untuk mengoperasikan peralatan elektronik yang dimiliki oleh manusia. Energi listrik diperoleh dari pemanfaatan minyak, batu bara, dan gas alam yang merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Akan tetapi ketersediaannya saat ini semakin sedikit. Sedangkan energi listrik juga merupakan kebutuhan generasi yang akan datang. Oleh karena itu, perlu dilakukan usaha agar kebutuhan generasi mendatang terhadap energi listrik masih dapat terpenuhi.
Salah satu upaya untuk menjaga ketersediaan energi listrik yaitu dengan melakukan upaya konservasi energi. Pengertian konservasi energi adalah kegiatan pemanfaatan energi secara efisien dan rasional tanpa mengurangi penggunaan energi yang diperlukan. Secara sederhana, konservasi energi adalah proses penghematan energi. Kegiatan konservasi energi bisa diterapkan pada dunia pendidikan, salah satunya Perguruan Tinggi. Perguruan Tinggi dapat dianggap sebagai “kota kecil” karena memiliki luas yang cukup besar, jumlah populasi yang cukup besar yang terdiri dari mahasiswa, staf pengajar dan karyawan serta berbagai aktivitas di area kampus yang memiliki dampak baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap lingkungan. Untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi upaya konservasi energi pada Perguruan Tinggi maka dilakukan penelitian mengenai hal tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor – faktor yang mempengaruhi upaya konservasi energi pada Perguruan Tinggi. Penelitian dilakukan dengan mempelajari penelitian – penelitian sebelumnya mengenai konservasi energi kemudian akan dilakukan pembuatan model simulasi dengan menggunakan metode sistem dinamik untuk menggambarkan hubungan sebab akibat (causal) dari faktor – faktor yang telah diidentifikasi. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi mengenai hal – hal yang meningkatkan atau menghambat upaya konservasi.
======================================================================================================
Electricity is one of human’s need to operate all the electronic appliances. Electricity that we used is generated from crude oil and coal. Both are non-renewable natural resources and limited in availability. While electricity is also the next generation’s need. Therefore, we need an effort to guarantee the availability of electricity in the future.
One of effort to guarantee the availability of electricity in the future is energy conservation effort. Energy conservation is the effort of using energy efficiently and rationally. In other words, energy conservation is energy saving. Energy conservation can be done in higher education because it is a “small city” which has many populations and they use electricity in their main activities. Study about electricity saving in higher education are studied to identify the effort.
This research is aimed to identify factors affected energy conservation in higher education. This research will use system dynamics to describe the causal relationship among the factors. The contribution of this research is to find out what factors will impact the energy conservation.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTSI 003.85 Sum p-1 3100018078759
Uncontrolled Keywords: Sistem Dinamik, Konservasi Energi
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T174 Technological forecasting
T Technology > T Technology (General) > T57.83 Dynamic programming
T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 59101-(S2) Master Thesis
Depositing User: mauren natali sumule
Date Deposited: 02 Dec 2020 04:47
Last Modified: 02 Dec 2020 04:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/55919

Actions (login required)

View Item View Item