Redesain Interior SD Luar Biasa Tunarungu Karya Mulia Surabaya untuk Mendorong Minat Komunikasi Oral dengan Konsep Tipografi Interaktif Natural

Rahmanea, Talita (2018) Redesain Interior SD Luar Biasa Tunarungu Karya Mulia Surabaya untuk Mendorong Minat Komunikasi Oral dengan Konsep Tipografi Interaktif Natural. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08411440000014-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
08411440000014-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan utama dalam membentuk sumber daya manusia yang bermutu di Indonesia. Bangsa Indonesia terdiri dari masyarakat dengan keadaan mental dan fisik yang beragam. Bagi anak dengan keadaan mental maupun fisik yang berbeda, pemerintah menggolongkan ke dalam Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sekolah luar biasa khusus tunarungu dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan ABK tunarungu. Kebutuhan khusus yang dibutuhkan ABK tunarungu mengharuskan SLB khusus tunarungu untuk memberikan kenyamanan serta suasana yang mendukung bagi ABK agar dapat memaksimalkan potensi siswa dalam menerima ilmu serta berkomunikasi secara oral. Dalam menentukan konsep desain yang sesuai pada SLB digunakan metode desain dengan melalui tahapan pengumpulan data (observasi, wawancara, serta studi literatur) dan tahapan desain (brainstorming, pengembangan konsep desain, aplikasi konsep dan hasil desain). Melalui tahapan tersebut maka didapat konsep desain natural dengan aplikasi unsur tipografi. Natural merupakan konsep desain yang merepresentasikan nuansa alam kedalam interior. Konsep tersebut kemudian ditambahkan dengan pengaplikasian unsur tipografi, yaitu seni tata huruf melalui pengaturan penyebarannya serta bentuknya. Hasil dari desain interior SLB berkonsep desain natural dengan pengaplikasian unsur tipografi ini secara keseluruhan membentuk suasana yang tenang dan tentram untuk mendukung kegiatan belajar ABK tunarungu, terutama dalam mempelajari kemampuan berbicara secara oral.

==================================================================Education is a key in establishing the quality of human resources in Indonesia. Indonesian citizen are people with mentally and physical diverse states. Children with special mental and physical states are categorized by the government as Children with Special Needs (ABK). A special hearing-impoverished school is devoted to the educational needs of the hearing impaired. The special needs possessed by the Deaf (ABK) require special deaf SLBs to provide amenities, as well as a favorable atmosphere for ABK in order to maximize students' potential to receive knowledge and communication orally. To determine the proper design concepts of the SLB, methods of data collection (observation, interview, and literature study) and stages of design (brainstorming, development of design concepts, application concepts and design results) were employed.
Through these stages explained above, the concept of natural design with the application of element typography was obtained. “Natural” is a design concept that represents the nuances of nature into interior. The application of typographic elements – the art of letters through the arrangement of its distribution and form – was also added. The overall results SLB concept of natural design with the application of typography elements are to form a calm and peaceful atmosphere to support learning activities of deaf hearing, especially in learning the ability to speak orally.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: desain interior, Sekolah Luar Biasa, tunarungu, natural, tipografi, interaktif
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Talita Rahmanea
Date Deposited: 28 Jun 2021 07:05
Last Modified: 28 Jun 2021 07:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/56572

Actions (login required)

View Item View Item