Aplikasi Metode Spectral Decomposition 2d Pada Data Gaya Berat Kota Surabaya

Mahsa, Almira (2018) Aplikasi Metode Spectral Decomposition 2d Pada Data Gaya Berat Kota Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03411440000068-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
03411440000068-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu metode geofisika yang bersifat non destruktif dan dapat digunakan untuk memodelkan struktur bawah permukaan adalah metode gaya berat. Prinsip dari metode gaya berat adalah mengukur variasi perbedaan gaya berat secara lateral dari satu daerah observasi di permukaan bumi dan mengoreksinya dengan pengukuran atau harga gaya berat teoritis. Selanjutnya akan dibuat peta anomali gaya berat yang kemudian di modelkan sehingga didapatkan sebuah gambaran keadaan struktur geologi di bawah permukaan. Untuk mengurangi subjektivitas interpreter, maka dalam pemodelan data gaya berat ini dilakukan pemodelan dengan metode Spectral Decomposition, dimana model geometri didekati langsung dari bentukan gelombang hasil filter tiap kandungan frekuensi yang diposisikan pada suatu kedalaman dengan parameter tertentu. Penelitian ini bertujuan sebagai tahap lanjutan untuk metode spectral decomposition data gaya berat pada pengukuran lapangan, serta aplikasinya dalam memodelkan struktur bawah permukaan di kota Surabaya. Dalam penelitian ini digunakan data gaya berat pada 130 titik di sepanjang wilayah Surabaya dengan total luas penelitian adalah 14 km x 13 km, dan operator filter gaussian 2D dengan menggunakan beberapa parameter input sigma. Dari pengolahan data yang telah dilakukan didapatkan hasil berupa model bawah permukaan dari data gaya berat yang bersifat lebih objektif berdasarkan nilai kedalamannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Frekuensi, Gaya Berat, Spectral Decomposition
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Q Science > QE Geology
Q Science > QE Geology > QE538.8 Earthquakes. Seismology
Q Science > QE Geology > QE601 Geology, Structural
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Geophysics Engineering > 33201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Almira Mahsa
Date Deposited: 09 Jul 2021 09:21
Last Modified: 09 Jul 2021 09:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57354

Actions (login required)

View Item View Item