Pengaruh Durasi Dan Waktu Injeksi Cng Pada Mesin Diesel Dual Fuel Yang Terhadap Proses Pembakaran, Pembentukan Emisi, Dan Heat Release Rate

Kurniawan, Moch. Aziz (2018) Pengaruh Durasi Dan Waktu Injeksi Cng Pada Mesin Diesel Dual Fuel Yang Terhadap Proses Pembakaran, Pembentukan Emisi, Dan Heat Release Rate. Masters thesis, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER.

[thumbnail of 02111650020004_Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
02111650020004_Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Proses pembakaran mesin diesel dual fuel berbahan bakar solar-gas CNG sangat kompleks. Pengaturan yang tepat dapat memperbaiki proses pembakaran dan emisi yang dihasilkan. Penelitian ini ingin diketahui pengaruh durasi dan waktu injeksi gas CNG pada mesin diesel dual fuel terhadap proses pembakaran yang secara spesifik ditunjukkan oleh tekanan silinder, heat release rate, dan emisi yang dihasilkan.
Penelitian ini dilakukan secara eksperimental pada mesin diesel diamond tipe Di 800 yang dioperasikan secara dual fuel solar-gas CNG. Metode yang dilakukan adalah pengaturan waktu injeksi CNG sebesar 700CA, 900CA, 1100CA, 1300CA, dan 1500CA ATDC dengan durasi injeksi gas CNG sebesar 700CA, 900CA, 1100CA, 1300CA, dan 1500CA menggunakan ECU Vemstune. Pengukuran proses pembakaran menggunakan combustion analyzer dan pengukuran emisi dengan gas analyzer untuk nilai emisi CO, HC, dan PM.
Mengatur waktu injeksi gas CNG yang semakin mundur dapat meningkatkan tekanan silinder 1,68%, heat release rate 8,63%, mempercepat ignition delay 9,36%, mempercepat durasi pembakaran hingga 14,15%, menurunkan emisi CO 1,72%, dan menurunkan emisi HC 1,35%. Dengan menambah durasi injeksi gas CNG dapat meningkatkan tekanan silinder 3,48%, heat release rate 17,26 % mempercepat ignition delay 5,95%, dan mempercepat durasi pembakaran hingga 27,02%. menurunkan emisi CO 1,72%, dan menurunkan emisi HC 1,35%.

Kata kunci: Dual fuel, durasi dan waktu injeksi gas CNG, proses pembakaran, tekanan silinder, heat release rate, pembentukan emisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTM 621.436 Kur p-1 2018
Uncontrolled Keywords: Dual fuel, durasi dan waktu injeksi gas CNG, proses pembakaran, tekanan silinder, heat release rate, pembentukan emisi.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ785 Internal combustion engines. Spark ignition
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ799 Diesel motor--Electronic control.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Moch. Aziz Kurniawan
Date Deposited: 09 Jul 2021 09:49
Last Modified: 09 Jul 2021 09:49
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57364

Actions (login required)

View Item View Item