Analisis Dampak Pembangunan Pabrik Semen Indonesia Aceh Terhadap Pendapatan Perekonomian Daerah dan Lingkungan

Muhari, Aulia (2018) Analisis Dampak Pembangunan Pabrik Semen Indonesia Aceh Terhadap Pendapatan Perekonomian Daerah dan Lingkungan. Undergraduate thesis, Insttitut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411440007008-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
02411440007008-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ketersedian batu kapur yang melimpah membuat PT Semen Indonesia ingin berekspasi pabrik baru di Kecamatan Muara Tiga Kabupaten Pidie. Poyek pembangunan Semen Indonesia Aceh (SIA) akan dimuali dari tahun 2016 dan mulai beroperasional pada tahun 2020. Dengan adanya pabrik SIA ini akan menjadi sektor yang cukup strategis di dalam perekonomian daerah karena memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap perekonomian daerah dan juga lapangan pekerjaan. Namun hingga saat ini belum tersedia sebuah pendekatan yang berorientasi sistemik untuk mengetahui seberapa jauh dampak pengembangan pabrik SIA di Kabupaten Pidie dan berdampak pada perekonomian daerah, lapangan pekerjaan dan tingkat emisi. Pada penelitian ini, digunakan metodologi sistem dinamik yang memaparkan dampak dari pengembangan pabrik SIA dengan memperhatikan detail keterkaitan antar variabel dari sebuah sistem. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan rekomendasi kebijakan dalam usaha mengantisipasi dampak negatif pembangunan pabrik Semen Indonesia Aceh (SIA) di Kabupaten Pidie. Terdapat tiga alternatif skenario kebijakan yang digunakan dalam penelitian ini, dan hasilnya menunjukkan bahwa masing-masing alternatif memiliki dampak terhadap tiap variabel respon yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan pendapatan daerah dengan adanya retribusi dari pabrik SIA dan juga dengan adanya pabrik SIA dapat mengurangi pengangguran yang ada di Kabupaten Pidie.
=========================================================================================================
The availability of limestones at District of Pidie make PT Semen Indonesia want to build new factory at Sub-district of Muara Tiga, Pidie. The development project of Semen Indonesia Aceh (SIA) has been started since 2016 and will be operated at 2020. SIA will become a very strategic sector inside regional economic because it gives big contribution to the regional economic and local jobs. However, until today there is no approaching which systemic oriented to find out how far the impact of SIA development at District of Pidie to regional economic, local jobs and emission levels. In this study, system dynamic methodology which explain the impact of SIA development is used with observing detail of the linkages between variables of a system. The purpose of this study is to recommend policy scenarios in anticipation on negative impact of SIA development at District of Pidie. There are three policy alternative scenarios used in this study and the results show that each alternative scenarios have impact to each specified response variables. The result of this study shows that there is a change in regional income with the retribution from SIA. SIA also will reduce unemployment in District of Pidie

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 658.401 2 Muh a-1 3100018078449
Uncontrolled Keywords: Sistem Dinamik; SIA; Skenario Kebijakan; Pidie; Perekonomian;
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA31.3 Regression. Correlation
H Social Sciences > HB Economic Theory > Economic forecasting--Mathematical models.
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aulia Muhari
Date Deposited: 24 Jan 2019 04:03
Last Modified: 02 Feb 2021 04:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/57849

Actions (login required)

View Item View Item